PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Lahirnya modernisasi pembaharuan sebuah tempat selalu beriringan dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang berkembang pada saat itu modernisasi atau pembaharuan bisa diartikan apa saja yang belum dipahami, diterima, atau dilaksanakan oleh penerima pembaharuan sesungguhnya lebih merupakan upaya atau usaha perbaikan keadaan baik dari segi cara, konsep, dan serangkaian metode yang biasa diterapkan dalam rangka menghantarkan keadaan yang lebih baik.
Dengan demikian, kalau kita kaitkan dengan pembaharuan pendidikan islam akan memberi pengertian bagi kita, sebagai suatu upaya melakukan proses perubahan kurikulum, cara, metodelogi, situasi dan pendidikan islam dari yang tradisional kearah yang lebih rasional, dan profesional sejalam dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat itu.
B. MASA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Kebangkitan intelektual dieropa telah memberikan kontribusi yang besar sekali bagi kemajuan eropa. Semangat rasionalisme membuat negara-negara eropa menjadi kuat baik militer, ekonomi, maupum ilmu penegetahuan dan teknologi. Kini keadaan menjadi berbalik, jika sebelumnya islam memiliki kekuatan yang besar baik politik, ekonomi maupun ilmu pengetahuan sehingga dapat mengalahkan dan menguasai beberapa wilayah barat, seperti spanyol, sialia, asia kecil dan balkan, maka sekarang barat yang maju sedangkan islam tidak lagi memiliki kekuatan yang dapat dibanggakan.
Menurut tokoh pembaharu islam penyebab kemunduran umat islam adalah melemah dan merosotnya kualiatas pendidikan islam. Untuk mengembalikan pendidikan islam yang sempat hilang maka muncullah gagasan tentang pembaharu pendidikan islam. Pembaharu pendidikan islam pertama kali dimulai dikerajaan utsmani. Yang melatar belakangi gerakan pembaharu pendidikan bermula dari kekalahan kerajaan utsmani dalam peperangan dengan eropa yang memaksa turki menanda tangani perjanjian carlowite pada 1699 M yang berisi penyerahan daerah hiongaria kepada ausrtalia kepada daerah podolian kepada polandia dan daerah azov kepada rusia. Kekalahan yang dialami kerajaan utsmani menyebabkan sultan ahmad III (1703-1713 M) amat prihatin, ia kemudian menyelidiki sebab-sebab kekalahan mereka dan rahasia keunggulan yang dimiliki barat kemudian dia mengerimkan duta-duta besar untuk mempelajari kemajuan eropa, terutama dibidang militer dan kemajuan ilmu pengetahuan.
Selain dibidang militer, turki juga membangun dibidang lain seperti ekonomi dan pemerintahan. Turki mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan yang selama ini telah dilupakannya. Untuk pertama kalinya didalam dunia islam dibukalah suatu percetakan di instanbul pada 1727 M guna mencetak berbagai macam buku ilmu pengetahuan yang diterjemahkan dari buku-buku ilmu pengetahuan barat. Selain itu pada 1717 M didirikannya lembaga terjemah yang bertugas menerjemahkan buku-buku dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dikerajaan utsmani. Kemudian beliau berusaha untukmembenahi kurikulum di madrasah-madrasah dengan memasukkan ilmu pengetahuan umum.
Pada perkembangan selanjutnya beliau membangun sekolah-sekolah model barat. Pada tahun 1827 M ia mendirikan sekolah kedokteran (tilahane-i amire) dan sekolah teknik (muhendisane) dan pada tahun 1834 M dibuka sekolah akademi militer. Pada tahun 1838 M sekolah kedokteran dan sekolah pembedahan digabungkan menjadi satu dengan nama dar-al ulum hikemiye ve mekteb-i tibbie-sahane.
kedalam bahasa turki.
Pembaharuan pada masa sultan mahmud II (1807-1839 M). Pada zaman tersebut madrasah merupakan satu-satunya lembaga pendidikan umum yang ada
Seperti di turki, pembaharuan islam dimesir juga diawali oleh penguasa pembaharuan islam. Invasi napoleon yang membawa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan barat telah membuka mata rakyat mesir bahwa umat islam telah tertinggal oleh kemajuan barat.
Diantara pengaruh ekspedisi napoleon yang berkaitan erat dengan misi keilmuan dan kebudayaan yang dijalankan napolen beserta rombongannya dimesir adalah:
1. Timbulnya benih-benih rasa kebangsaan dari orang mesir.
2. Napolen berusah menggeser sistem pemerintahan yang dipraktekan dimesir yang sebelumnya berpola feodal menjadi lebih demokratis.
3. Sebagai hasil dari pendekatan napolen yang berpijak pada semangat revolusi prancis maka muncullah pemikiran dari orang-orang mesir yang mengusulkan agar bentuk pemerintahan yang diktator diubah menjadi pemerintahan demokratis, karena hal inilah yang membawa prancis kepada suasana kehidupan kenegaraan yang baru.
4. Mulai terbukalah cakrawalah berfikir dikalangan umat islam sebagai akibat dari persentuhan umat islam sebagai akibat dari persentuhan dari pemikiran para ilmuan yang ikuat dalam rombongan napolen.
C. POLA PENDIDIKAN ISLAM
Pola peembaharuan pendidikan islam yang berorientasi kepda pola pendidikan moderen di eropa dengan jalan mendirikan sekolah-sekolah dengan sekolah barat baik sistem maupun isi pendidikannya.
Pola peembaharuan pendidikan islam yang berorientasi kepda pola pendidikan ajaran islam yang murni ajaran-ajaran islam yang menjadi sumber kemajuan dan kekuatan ditingalkan dan menerima ajaran-ajaran islam yang tidak murni lagi.
Pola peembaharuan pendidikan islam yang berorientasi kepda pola pendidikan nasionalisme pada nasionalisme ini bersesuaian dengan ajaran islam karena adanya keyakinan dikalangan pemikir-pemkir pembaharuan dikalangan umat islam, bahwa pada hakikatnya ajaran islam bisa diterapkan dan disesuaikan dengan sekala zaman.
D. TOKOH dan SASARAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Tokoh pembeharuan pendidikan islam bercorak moderensi. Sejalan dengan pembaharuan pendidikan islam penuh dilakukan pada 3 wilayan kerajaan besar yaitu kerajaan utsmani, mesir, india.
1. Wilayah turki
Pembaharuan pendidikan didunia islam dimulai dikerjakan di turki utsmani. Faktor yang membelakangi gerakan pembaharuan bermula dari kekalahan-kekalahan kerajaan ustmani dalam peperangan dengan eropa:
- Sultan Ahmad III. Adanya kekalahan yang dialami kerajaan turki ustmani menyebabkan sultan ahmad III prihatin dan melakukan intropeksi, dengan melakukan pengiriman duta ke eropa untuk mengamati perkembangan barat. Dengan mendirikan sekolah teknik militer, mendirikan percetakan untuk mempermudah acces buku pengetahuan. Upaya ini diakukan sampai beliau wafat dan digantikan oleh sultan muhammad II
2. Wilayah mesir
Tokoh yang melakukan upaya pembaharuan khusunya pendidikan adalah muhammad ali pasyah dan muhammad abdu.
- M. Abduh. Melakukan pembeharuan pendidikan di Al-Azhar dengan memasukkan ilmu moderen. Mendirikan komite perbaikan administrasi Al-Azhar tahun 1895, melaksanakan pembaharuan administratif yang bermanfaat.
3. Wilayah india
Pembaharuan pendidikan islam di india bertujuan untuk menghilangkan diskriminasi pendidikan islam tradisonal dengan pendidikan sekuler, adapun tokoh pembaharuan di india.
- Sayyid Akhmad Khan (1817-1898). Ia berpendapat bahwa peningkatan kedudukan umat islam di india dapat di wujudkan dengan bekerja sama dengan inggirs. Kemudian mendirikan lembaga pendidkan, sekolah inggris mudarrabah 1864. Kemudian mendirikan pula scientific society, mendirikan lembaga pendidikan yang didalamnya ilmu pengetahuan umum. Itulah beberapa orang tokoh pembaharuan yang banyak mengadopsi tata cara dan pengetahuan yang datang dari barat.
Dengan demikian, kalau kita kaitkan dengan pembaharuan pendidikan islam akan memberi pengertian bagi kita, sebagai suatu upaya melakukan proses perubahan kurikulum, cara, metodelogi, situasi dan pendidikan islam dari yang tradisional kearah yang lebih rasional, dan profesional sejalam dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi saat itu.
B. MASA PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Kebangkitan intelektual dieropa telah memberikan kontribusi yang besar sekali bagi kemajuan eropa. Semangat rasionalisme membuat negara-negara eropa menjadi kuat baik militer, ekonomi, maupum ilmu penegetahuan dan teknologi. Kini keadaan menjadi berbalik, jika sebelumnya islam memiliki kekuatan yang besar baik politik, ekonomi maupun ilmu pengetahuan sehingga dapat mengalahkan dan menguasai beberapa wilayah barat, seperti spanyol, sialia, asia kecil dan balkan, maka sekarang barat yang maju sedangkan islam tidak lagi memiliki kekuatan yang dapat dibanggakan.
Menurut tokoh pembaharu islam penyebab kemunduran umat islam adalah melemah dan merosotnya kualiatas pendidikan islam. Untuk mengembalikan pendidikan islam yang sempat hilang maka muncullah gagasan tentang pembaharu pendidikan islam. Pembaharu pendidikan islam pertama kali dimulai dikerajaan utsmani. Yang melatar belakangi gerakan pembaharu pendidikan bermula dari kekalahan kerajaan utsmani dalam peperangan dengan eropa yang memaksa turki menanda tangani perjanjian carlowite pada 1699 M yang berisi penyerahan daerah hiongaria kepada ausrtalia kepada daerah podolian kepada polandia dan daerah azov kepada rusia. Kekalahan yang dialami kerajaan utsmani menyebabkan sultan ahmad III (1703-1713 M) amat prihatin, ia kemudian menyelidiki sebab-sebab kekalahan mereka dan rahasia keunggulan yang dimiliki barat kemudian dia mengerimkan duta-duta besar untuk mempelajari kemajuan eropa, terutama dibidang militer dan kemajuan ilmu pengetahuan.
Selain dibidang militer, turki juga membangun dibidang lain seperti ekonomi dan pemerintahan. Turki mengembangkan kemajuan ilmu pengetahuan yang selama ini telah dilupakannya. Untuk pertama kalinya didalam dunia islam dibukalah suatu percetakan di instanbul pada 1727 M guna mencetak berbagai macam buku ilmu pengetahuan yang diterjemahkan dari buku-buku ilmu pengetahuan barat. Selain itu pada 1717 M didirikannya lembaga terjemah yang bertugas menerjemahkan buku-buku dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan dikerajaan utsmani. Kemudian beliau berusaha untukmembenahi kurikulum di madrasah-madrasah dengan memasukkan ilmu pengetahuan umum.
Pada perkembangan selanjutnya beliau membangun sekolah-sekolah model barat. Pada tahun 1827 M ia mendirikan sekolah kedokteran (tilahane-i amire) dan sekolah teknik (muhendisane) dan pada tahun 1834 M dibuka sekolah akademi militer. Pada tahun 1838 M sekolah kedokteran dan sekolah pembedahan digabungkan menjadi satu dengan nama dar-al ulum hikemiye ve mekteb-i tibbie-sahane.
kedalam bahasa turki.
Pembaharuan pada masa sultan mahmud II (1807-1839 M). Pada zaman tersebut madrasah merupakan satu-satunya lembaga pendidikan umum yang ada
Seperti di turki, pembaharuan islam dimesir juga diawali oleh penguasa pembaharuan islam. Invasi napoleon yang membawa kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan barat telah membuka mata rakyat mesir bahwa umat islam telah tertinggal oleh kemajuan barat.
Diantara pengaruh ekspedisi napoleon yang berkaitan erat dengan misi keilmuan dan kebudayaan yang dijalankan napolen beserta rombongannya dimesir adalah:
1. Timbulnya benih-benih rasa kebangsaan dari orang mesir.
2. Napolen berusah menggeser sistem pemerintahan yang dipraktekan dimesir yang sebelumnya berpola feodal menjadi lebih demokratis.
3. Sebagai hasil dari pendekatan napolen yang berpijak pada semangat revolusi prancis maka muncullah pemikiran dari orang-orang mesir yang mengusulkan agar bentuk pemerintahan yang diktator diubah menjadi pemerintahan demokratis, karena hal inilah yang membawa prancis kepada suasana kehidupan kenegaraan yang baru.
4. Mulai terbukalah cakrawalah berfikir dikalangan umat islam sebagai akibat dari persentuhan umat islam sebagai akibat dari persentuhan dari pemikiran para ilmuan yang ikuat dalam rombongan napolen.
C. POLA PENDIDIKAN ISLAM
Pola peembaharuan pendidikan islam yang berorientasi kepda pola pendidikan moderen di eropa dengan jalan mendirikan sekolah-sekolah dengan sekolah barat baik sistem maupun isi pendidikannya.
Pola peembaharuan pendidikan islam yang berorientasi kepda pola pendidikan ajaran islam yang murni ajaran-ajaran islam yang menjadi sumber kemajuan dan kekuatan ditingalkan dan menerima ajaran-ajaran islam yang tidak murni lagi.
Pola peembaharuan pendidikan islam yang berorientasi kepda pola pendidikan nasionalisme pada nasionalisme ini bersesuaian dengan ajaran islam karena adanya keyakinan dikalangan pemikir-pemkir pembaharuan dikalangan umat islam, bahwa pada hakikatnya ajaran islam bisa diterapkan dan disesuaikan dengan sekala zaman.
D. TOKOH dan SASARAN PEMBAHARUAN PENDIDIKAN ISLAM
Tokoh pembeharuan pendidikan islam bercorak moderensi. Sejalan dengan pembaharuan pendidikan islam penuh dilakukan pada 3 wilayan kerajaan besar yaitu kerajaan utsmani, mesir, india.
1. Wilayah turki
Pembaharuan pendidikan didunia islam dimulai dikerjakan di turki utsmani. Faktor yang membelakangi gerakan pembaharuan bermula dari kekalahan-kekalahan kerajaan ustmani dalam peperangan dengan eropa:
- Sultan Ahmad III. Adanya kekalahan yang dialami kerajaan turki ustmani menyebabkan sultan ahmad III prihatin dan melakukan intropeksi, dengan melakukan pengiriman duta ke eropa untuk mengamati perkembangan barat. Dengan mendirikan sekolah teknik militer, mendirikan percetakan untuk mempermudah acces buku pengetahuan. Upaya ini diakukan sampai beliau wafat dan digantikan oleh sultan muhammad II
2. Wilayah mesir
Tokoh yang melakukan upaya pembaharuan khusunya pendidikan adalah muhammad ali pasyah dan muhammad abdu.
- M. Abduh. Melakukan pembeharuan pendidikan di Al-Azhar dengan memasukkan ilmu moderen. Mendirikan komite perbaikan administrasi Al-Azhar tahun 1895, melaksanakan pembaharuan administratif yang bermanfaat.
3. Wilayah india
Pembaharuan pendidikan islam di india bertujuan untuk menghilangkan diskriminasi pendidikan islam tradisonal dengan pendidikan sekuler, adapun tokoh pembaharuan di india.
- Sayyid Akhmad Khan (1817-1898). Ia berpendapat bahwa peningkatan kedudukan umat islam di india dapat di wujudkan dengan bekerja sama dengan inggirs. Kemudian mendirikan lembaga pendidkan, sekolah inggris mudarrabah 1864. Kemudian mendirikan pula scientific society, mendirikan lembaga pendidikan yang didalamnya ilmu pengetahuan umum. Itulah beberapa orang tokoh pembaharuan yang banyak mengadopsi tata cara dan pengetahuan yang datang dari barat.
Komentar
Posting Komentar