Pesantren Saksi Kemerdekaan Indonesia

Pesantren Saksi Kemerdekaan Indonesia

Jauh sebelum kedatangan bangsa-bangsa lain dan kolonisasi negara-negara Eropa bangsa ini sudah memiliki peradaban dan kebudayaan yang tinggi. Ulama memiliki peran penting dalam pendidikan nusantara, bahkan sampai sekarang sistem pendidikan itu masih terjaga utuh dan berkembang menjadi ribuan pondok pesantren yang tersebar di seluruh Indonesia. Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan yang di wariskan oleh ulama nusantara yang memiliki akar yang kuat hingga mampu bertahan ratusan tahun. Pesantren salah satu saksi bisu kemerdekaan indonesia maka tak di ragukan lagi bila pesantren mempunyai peran penting dalam negara ini. Dalam mewujudkan Indonesia menjadi negara yang maju pesantren menjadi tonggak pertama untuk mengangkat Nasionalisme karna salah satu faktor kemunduran suatu negara di latar belakangi kurangnya semangat nasionalisme, sebagai kaum sarungan  yang menjadi sebutan santri di pesantren harus menjaga utuh negara ini agar Indonesia tetap sejahtera dan menjadi negara yang maju.
Nasionalisme dulu banyak di giatkan oleh ulama dan tokoh masyarakat di jaman penjajahan belanda, salah satu tokoh Nasionalisme yang berasal dari Banten al-`alamah syaikh Nawawi Al-Bantani siapa yang tidak kenal ulama satu ini pengarang kitab yang menjadi rujukan pesantren di Indonesia bahkan di Timur Tengah. Menurut Dr. Snouck Hourgronie beliau di sebut sebagai motor penggerak nasionalisme untuk mempertahankan bumi pertiwi lepas dari cengkraman penjajah, sepulang beliau menuntut ilmu beliau melihat banyak praktik tidak keadilan yang merebak di Banten. Banyak penindasan dan kesewenang-wenangan oleh pemerintah Hindia Belanda pada masa mudanya beliau mengobarkan semangat Nasionalisme untuk melawan penjajah dengan berkeliling di Banten.
Pondok pesantren tidak hanya beperan dalam pendidikan namun juga menjadi motor kemerdekaan Indonesia, pada awal abad ke XX  ulama menjadi simbol utama perlawanan terhadap penjajah. Menurut Harry J Benda pada awal abad ini peranan islam tidak hanya terbatas di pedesaan dengan simbol ulama lokal, ulama-ulama yang mendapatkan pendidikan barat menjadi kordinator dan pemimpin dari gerakan politik masyarakat kota yang mengedepankan ide-ide asioasis. Dalam abad ini ulama yang populer menggiatkan spirit nasionalisme adalah hadratussyaikh KH. Hasyim Asy`ari. Beliau menggelorakan semangat rakyat untuk cinta dan membela tanah air dengan mengeluarkan resulusi jihad, “jangan pernah menyerah kepada pasukan sekutu!”.
Pesantren menjadi saksi bisu perjuangan kemerdekaan Indonesia yang menjadi tempat untuk perundingan menghadapi penjajah Belanda, bangunan tradisional masih kerap kita temukan di pondok pesantren namun melahirkan tokoh-tokoh besar yang berpengangur besar dalam kemerdekaan Indonesia, seperti KH. Hasyim Asy`ari, KH. Abdul Wahab Chasbullah, KH. Wahid Hasyim yang menjadi bagian dari panitia 9 BPUPKI dan masih banyak tokoh nasional yang lahir dari pondok pesantren. Salah satu agenda besar yang di selenggarakan di pondok pesantren adalah penyusunan strategi pertempuran 10 November 1945 yang melibatkan ribuan santri dan ulama yang berasal dari berbagai pesantren yang ada di imdonesia.

Kiai Sukses Mencetak Kader Nasionalisme

Suatu formula rumit tentang hubungan agama dan negara, islam dan pancasila akan tetapi kyai pesantren mampu untuk mengkolaborasi antara kecintaan agama dengan negara. Penanaman nilai nasionalisme oleh kyai atau pengasuh pesantren kepada santrinya saat ini telah terbukti mampu mempertahankan anak bangsa dari erosi dan dekadensi moral. Menurut Mastuhu pesantren merupakan lembaga pendidikan Tradisional islam untuk mempelajari, memahami, mendalami, menghayati, dan mengamalkan ajaran agama islam dan menekankan moral. Pembentuk manusia sebagai makhluk yang berakhlakul karimah adalah salah satu misi pesantren, sikap tulus-ikhlas, sabar, tawakal, tawadhu (hormat), jujur serta mandiri.
Jika indonesia masih di jajah oleh kolonial hari ini mungkin kita tidak bisa hidup tenang, seperti halnya timur tengah menjadi bola panas yang menggelinding menciptakan konflik yang menyusuri hampir seluruh negara-negara kawasan gurun pasir tersebut. Yang terlihat dari berbagai konflik yang terjadi di timur Tengah, identitas nasional mereka sangatlah minim bahkan tidak ada. Islam tidak bisa berkembang subur tanpa adanya balutan nasionalisme, ketika konflik sekterian muncul masing-masing berdiri di atas identitas politik dan kepentingan kelompoknya. Para kyai pesantren merumuskan indonesia sebagai dar al-salam (negara damai) bukan dar al harb (negara perang). Resolusi jihad mebela negara telah di ekspresikan dalam perjuangan di Surabaya dan semangat islam sebagai ruh pancasila yang telah di sepakati pengasuh pesantren se-Indonesia. Santri sangat semangat dalam membela negara dan mencintainya karna merupakan suatu rumusan oleh kh. Wahab chasbullah “hubbul wathan minal iman”, mencintai tanah air adalah sebagian dari iman.
Yang menjadi pertanyaan besar adalah mengapa santri sangat patuh apa saja yang dikatakan oleh oleh kyainya. Dalam hal ini dapat kita analisa bahwa kedudukan kiai akan selalu berada di puncak struktur pesantren, sementara persepektif santri kepatuhan dan penghormatan yang di berikan santri kepada kiainya demi mendapatkan berkah (kebaikan) dan kemanfaatan atas ilmu yang slama ini ia dapat dari pesantren. Hal ini seperti yang di sebutkan dalam kitab Ta`lim Al-Muta`allim karangan Syaikh Zarnuji:
“mereka yang mencari pengetahuan hendaklah selalu ingat bahwa mereka tidak akan pernah mendapatkan pengetahuan atau pengetahuannya tidak berguna, kecuali kalau ia menaruh hormat kepada pengetahuan tersebut dan juga menaruh hormat kepada guru/ kiai yang mengajarnya”
Para santri menunjukkan rasa hormat dan takzhim serta kepatuhan mutlak. Maka dari itu apa yang di katakan kiainya maka santri akan melakukannya, salah satunya mecintai negaranya. Namun para kiai dalam melakukan apapun tentu mempunyai dasar yang kuat dan  bersumber dari Al-Qur`an dan Hadist nabi Muhammad SAW.

Pusat Perubahan Pendidikan Indonesia

Sistem pendidikan yang tradisional dalam pesantren nyatanya menghasilkan kader ulama yang berkualitas tinggi yang mempunyai semangat yang tinggi untuk memperluas ajaran  agama islam di indonesia terbukti bukan dari awal kemerdekaan Indonesia, islam menjadi agama yang paling banyak pengikutnya. Dalam sistem pendidikan pesantren, menggunakan gaya hidup yang menghubungkan antara santri dan masyarakat setempat untuk bekerjasama membina lingkungan desa dengan gaya menggabungkan struktur budaya dan sosial. Oleh karena itu mayoritas alumni pondok pesantren lebih cepat diterima di masyarakat di banding dengan lembaga pendidikan yang lain.
Meskipun lembaga pendidikan pesantren dikatakan sebagi lembaga tradisional namun faktanya lembaga ini telah melahirkan tokoh-tokoh masyarakat, ulama, kaum intelektual dan pemimpin-peminpin bangsa. Mereka tidak hanya di pandang sebagai penasehat di bidang spiritual saja, kiai juga di anggap tokoh kharismatik bagi santri dan masyarakat sekitarnya. Kharisma seorang kiai ini di dasarkan kekuatan spiritual dan kemampuannya memberi berkah karena kedekatannya dengan Allah SWT.
Lembaga pendidikan pesantren merupaakan lembaga yang di pakai NU (Nahdlatul Ulama) untuk mengembangkan sistem pendidikan yang ada di indonesia, untuk mengambil peran dalam ikut mencerdaskan anak bangsa. Dalam muktamar XXXI Nahdlatul Ulama tahun 2004 di boyolali Jawa Tengah, NU mengamanatkan bahwa pendidikan bertujuan untuk mewujudkan manusia yang berakhlaqul karimah, yang mampu menyadari bahwa dirinya sebagai khalifah Allah di muka bumi dan sebagai makhluk sosial, yang mampu menyadari hak dan kewajiban orang lain. Pendidikan diharapkan mampu meningkatkan kecerdasan intelektual, kecerdasan emosional, dan  kecerdasan spiritual. Pendidikan di arahkan untuk membentuk karakter  (character building) dan meningkatkan skill peserta didik.

Komentar

  1. PROMO NEW MEMBER

    Duta Bandar Taruhan Judi Bola Sbobet Online Terpercaya dan paling baik yg menyediakan jasa pelayanan bagi pembukaan akun permainan judi atau taruhan online pada kamu di perizinan judi online yg berperingkat International, jadi dan terpercaya hanya di zeusbola.

    Sbg Kantor Cabang Bola Sbobet Indonesia Terpercaya, ZeusBola telah berkerja sama dgn kongsi Sbobet beroperasi di Asia yg dilisensikan oleh First Cagayan Leisure & Resort Corporation, Manila-Filipina dan di Eropa dilisensikan oleh pemerintah Isle of Man guna beroperasi juga sebagai juru taruhan latihan jasmani sedunia.
    main judi online deposit pulsa

    Ayo daftar sekarang hanya di ZeusBola ---> http://104.248.148.252/

    BalasHapus
  2. BONUS MEMBER BARU 20%

    CemePoker adalah kantor cabang Poker Online, Domino, Ceme, dan Capsa yg sediakan bermacam macam tidak sedikit game dengan 1 user ID saja dan cemepoker di anugerahkan sbg perutusan judi poker dengan rating win tertinggi.
    ceme poker menjamin 100% keamanan separo membernya sedang pemain Poker hamba dijamin 100% Player VS Player.
    janganlah sembrono nantikan kompensasi menarik tiap-tiap bulannya dan balasan referal segolongan hidup

    https://www.pokerceme.info/daftar-poker-online-deposit-via-ovo/

    Ayo hari ini hanya di cemepoker ---> http://104.248.153.37/

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ushul Fiqh: pengertian amar dan nahi

Pengertian Dharuriyyat, Hajiyyat dan Tahsiniyyat

Makalah : Fiqih Muamalah Ju’alah ( Pemberian Upah )