Laporan KKN Kelompok Harokah 2020 UNUSIA Jakarta



LAPORAN KULIAH KERJA NYATA
PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DI DESA PABUARAN KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
JAWA BARAT
OPTIMALISASI POTENSI DESA GUNA MENINGKATKAN SUMBER
DAYA MANUSIA SERTA KUALITAS MUSLIM SEJAHTERA

FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA INDONESIA
JAKARTA
2019

LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN
KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DI DESA PABUARAN KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
JAWA BARAT

Hormat Kami,
No
NAMA
NIM
PRODI
FAKULTAS
1
Ana Mar'atul M
16130049
PAI
Agama Islam
2
Andri Jadmiko

AS
Agama Islam
3
Annisa Fitri
16130090
PAI
Agama Islam
4
Bambang Sutomo
16130036
PAI
Agama Islam
5
Bima Dwi Laksono
16130042
PAI
Agama Islam
6
Fina Fatikhatus Saadah
16130047
PAI
Agama Islam
7
Husnul Khotimah
16130039
PAI
Agama Islam
8
Irgi Nur Fadil
16130044
PAI
Agama Islam
9
Irna Rizkiah
16130092
PAI
Agama Islam
10
Karini Sofiani
16130038
PAI
Agama Islam
11
Khoerun Nisa
16130053
PAI
Agama Islam
12
M. Gufron Hanafi
16150029
AS
Agama Islam
13
Muhammad Hakim Saputra
16130045
PAI
Agama Islam
14
Muhammad Hambali
16130037
PAI
Agama Islam
15
Nurul Komariyah
16130034
PAI
Agama Islam
16
Prasetiya Aji Pangestu
16130043
PAI
Agama Islam
17
Rizka Silvia
16130046
PAI
Agama Islam
18
Taupiq Hidayatullah
16130212
PAI
Agama Islam
19
Yasmine Mawadaht
16130050
PAI
Agama Islam
Jakarta, 15 September 2019
Mengetahui,
Koordinator Kelompok KKN-PPM                                       Dosen Pembimbing Lapangan



            Irgi Nur Fadhil                                                                  Arif Rahman M.Pd                       NIM. 16130044                                                        NIP. 198206022009011005
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DI DESA PABUARAN KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
JAWA BARAT
OPTIMALISASI POTENSI DESA GUNA MENINGKATKAN SUMBER
DAYA MANUSIA SERTA KUALITAS MUSLIM SEJAHTERA

Disusun oleh:
ANA MAR'ATUL M
ANDRI JADMIKO
ANNISA FITRI
BAMBANG SUTOMO
BIMA DWI LAKSONO
FINA FATIKHATUS S
HUSNUL KHOTIMAH
IRGI NUR FADIL
IRNA RIZKIAH
KARINI SOFIANI
KHOERUN NISA
M. GUFRON HANAFI
MUHAMMAD HAKIM S
MUHAMMAD HAMBALI
NURUL KOMARIYAH
PRASETIYA AJI P
RIZKA SILVIA
TAUPIQ HIDAYATULLAH
YASMINE MAWADAHT


Telah Disetujui dan Disahkan,
Jakarta, 30 Oktober 2019

Lurah                                                                           Dosen Pembimbing Lapangan




Zaenal Abidin                                                             Arif Rahman M.Pd
NIP.                                                                            NIP. 198206022009011005

Mengetahui,
Kepala LPPM UNUSIA




Muhammad Nurul Huda, M.Si
   NIDN.

KATA PENGANTAR

Puji syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ini hingga penyusunan laporan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada waktu yang telah ditentukan.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan terimakasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan dan penyusunan laporan kegiatan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) diantaranya:
1.      Prof. Dr. H. Maksoem Machfudz, M.Sc selaku Rektor Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta.
2.      Bapak Muhammad Nurul Huda, M. Si selaku Ketua LPPM UNUSIA Jakarta.
3.      Bapak Anggun Pastika Sandi, S. Pd, M. Pd selaku Sekretaris LPPM UNUSIA Jakarta.
4.      Bapak Dede Setiawan, M. Pd selaku Dekan Fakultas Agama Islam UNUSIA Jakarta.
5.      Bapak Saiful Bahri, MA selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam UNUSIA Jakarta.
6.      Bapak Hayaturrahman, M. Si selaku Kaprodi Ahwalu Syahsiah UNUSIA Jakarta.
7.      Bapak Arif Rahman M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok harokah.
8.      Bapak Zaenal Abidin, selaku kepala desa Pabuaran kec. Kemang kab. Bogor beserta staf yang telah mendukung semua program yang dijalankan.
9.      Masyarakat desa Pabuaran kec. Kemang kab. Bogor yang juga ikut berpartisipasi dalam pelaksanaan KKN-PPM.
10.  Serta semua pihak yang telah membantu dalam mempersiapkan, melaksanakan, dan menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) hingga tersusunnya laporan ini.
Laporan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ini, kami susun dengan tujuan melaporkan hasil KKN-PPM di desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat yang telah kami jalankan selama 38 hari yaitu, mulai tanggl 29 Juli hingga 4 September 2019 dengan jumlah peserta 19 orang mahasiswa Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia.
Selama KKN-PPM, kami menyelesaikan 24 program kelompok harokah dan berhasil  membentuk Pengurus Ranting Muslimat NU desa Pabuaran, membuat perpustakaan dengan banyak buku kurang lebih 800 buku yang diberi nama perpustakaan Nahdlatul Ulama, mengadakan bimbingan belajar riyadul muta’alimin, dan membuat buku calistung.
Seluruh program kami laksanakan dengan menggunakan dana sebanyak Rp 22.011.000,00.-  (dua puluh dua juta sebelas ribu rupiah) yang didapat dari hasil iuran per orang maupun hasil proposal permohonan dana ke berbagai lembaga terkait.
Dalam penyusunan laporan, kami menyadari masih banyak kekurangan baik dari segi susunan serta cara penulisan laporan ini, karenanya saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan laporan ini sangat kami harapkan.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya dan juga bermanfaat bagi penyusun pada khususnya.




Jakarta, 15 September 2019


Penulis

DAFTAR ISI

LEMBAR PERSETUJUAN................................................................................................ i
PENGESAHAN................................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR....................................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................................ v
DAFTAR TABEL.............................................................................................................. vi
BAB I
LATAR BELAKANG.......................................................................................................... 1
BAB II
KONDISI GEOGRAFIS...................................................................................................... 3
BAB III
DESAIN DAN PROGRAM KKN....................................................................................... 6
BAB IV
DESKRIPSI PELAKSANAAN / REALISASI PROGRAM KERJA.............................. 11
BAB V
PENUTUP........................................................................................................................... 36
LAMPIRAN
LOG-BOOK INDIVIDU.................................................................................................... 38
SURAT MENYURAT........................................................................................................ 39
CONTACT PERSON.......................................................................................................... 40
DOKUMENTASI FOTO.................................................................................................... 41
LAPORAN BENDAHARA............................................................................................... 42










Daftar Tabel

TABEL 2.1 Pendidikan dan kesehatan masyrakat..................................................................
TABEL 2.2 Tingkat pendidikan masyarakat...........................................................................
TABEL 4.1 Silaturahim dan pembukaan KKN-PPM..............................................................
TABEL 4.2 Pengajian rutinan..................................................................................................
TABEL 4.3 KBM PAUD dan TK...........................................................................................
TABEL 4.4 KBM TPQ............................................................................................................
TABEL 4.5 Senam Sehat.........................................................................................................
TABEL 4.6 Calistung..............................................................................................................
TABEL 4.7 Bimbel................................................................................................................ 7
TABEL 4.8 Bersih-bersih Mushola........................................................................................ 7
TABEL 4.9 Idhul Adha......................................................................................................... 7
TABEL 4.10 Posyandu.......................................................................................................... 8
TABEL 4.11 Festival Anak Sholeh....................................................................................... 8
TABEL 4.12 HUT RI............................................................................................................ 8
TABEL 4.13 Seminar Pendidikan......................................................................................... 8
TABEL 4.14 Sosialisasi pernikahan dini................................................................................ 9
TABEL 4.15 Seminar ke-NU an............................................................................................ 9
TABEL 4.16 1 Muharam 1441 H.......................................................................................... 9
TABEL 4.17 Kerajinan tangan celengan............................................................................... 9
TABEL 4.18 Kerajinan tangan sablon................................................................................... 9
TABEL 4.19 Perpustakaan NU........................................................................................... 10
TABEL 4.20 Peduli Sungai dan Ligkungan Bersih............................................................. 10
TABEL 4.21 Pagar Nusa..................................................................................................... 10
TABEL 4.22 Kreasi Seni..................................................................................................... 10
TABEL 4.23 Tabligh Akbar & Pelantikan Muslimat NU.................................................... 11
TABEL 4.24 Waqaf Al-Qur’an........................................................................................... 12
TABEL 4.25 Input, Output, Outcome realisasi program..................................................... 13
TABEL 4.26 Program yang tidak terealisasi........................................................................ 14



BAB I
PENDAHULUAN

1.      LATAR BELAKANG
            Pendidikan pada dasarnya merupakan proses pendewasaan dan kemandirian manusia secara sistematis agar siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupan secara bertanggung jawab berarti berani mananggung segala konsekuensi yang ditimbulkan.
            Mahasiswa sebagai kelompok yang mempunyai peran terhadap perubahan yang lebih signifikan dan progresif, dalam upaya menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur, dengan kekuatan wacana intellectual yang disertai dengan kegiatan yang nyata. Selama sejarah bangsa berlangsung dapat membuktikan peran mahasiswa yang sangat strategis yaitu sebagai agent of change dan agent of control social. Mahasiswa tetap berada digaris terdepan dengan peran multi dimensi dan komprehenshif yang bisa dilakukan.
            Sikap kritis mahasiswa dengan kekuatan intelektualnya mampu membangun gerbang perubahan bangsa yang cenderung stagnansi. Kenyataan tersebut merupakan bukti bahwa mahasiswa tidak bisa hidup sebagai komunitas elite di menara gading, karena mahasiswa dalam mencapai cita-cita idealnya memiliki peran yang integral dan signifikan di tengah-tengah masyarakat, sehingga kehidupan mahasiswa tidak bisa dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat.
Untuk mempraktekkan ilmu dan menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika, maka diperlukan media yang mendukung. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu ptrogram Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia sebagai media yang efektif dan edukatif karena berfungsi sebagai wahana penerapan diluar kampus dalam waktu, mekanisme kerja dan persyaratan tertentu. KKN juga merupakan salah satu implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa terhadap masyarakat untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik teoritik dan dunia empirik praktis, yang mana akan terjadi interaksi sinergis, saling menerima dan memberi, saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dengan masyarakat.
Pelaksanaan KKN dilaksanakan atas dasar undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pada pasal 20 ayat 2 dinyatakan bahwa: “Perguruan tinggi berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat”. Karena hal tersebut, Universitas Nahdlatul Ulama mewajibkan bagi  setiap mahasiswa S1 untuk mengikuti KKN untuk mengembangkan kemampuan berkehidupan masyarakat sesuai dengan kompetensi program studi masing-masing.


2.      TUJUAN KKN-PPM
a.       Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah pedesaan yang sangat komplek.
b.      Meningkatkan empati dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan masyarakat.
c.       Meningkatkan kerjasama antar mahasiswa dan antar universitas dengan masyarakat.
d.      Membantu pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya dalam pemberdayaan masyarakat di daerah tertinggal dan mempersiapkan kader-kader pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
e.       Menciptakan kultur di masyarakat yang mandiri serta aktif, kreatif, dan peduli antar sesama.

3.      MANFAAT KKN-PPM
a.       Memperoleh bantuan pemikiran dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
b.      Memperoleh cara-cara baru yang dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan,
dan melaksanakan pembangunan.
c.       Melalui pengalaman bekerja secara langsung dan nyata akan lebih menumbuhkan sifat profesionalisme dan kepedulian social dalam diri mahasiswa.
d.      Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa tentang kemanfaatan ilmu, teknologi dan seni yang dipelajari bagi pemberdayaan dan pembangunan masyarakat.
e.       Memperdalam pengertian dan penghayatan mahasiswa terhadap kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam melaksanakan pembangunan.
f.       Terbentuknya kader-kader penerus pembangunan di dalam masyarakat sehingga
terjamin kelanjutan upaya pembangunan.
g.      Memajukan institusi.
h.      Terbentuknya link and match antara dunia pendidikan tinggi dengan masyarakat sebagai stakeholder.


































BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI KKN-PPM

Tim Harokah KKN-PPM UNUSIA Jakarta 2019 melakukan observasi terhadap desa Pabuaran Kec. Kemang Kab. Bogor Jawa Barat sebagai tempat KKN-PPM, hasil observasi didapat dari data sekretariat desa Pabuaran, berikut pemaparan datanya:

1.      KONDISI GEOGRAFIS
Desa Pabuaran merupakan sebuah desa yang terletak di kabupaten Bogor bagian barat kecamatan Semplak yang berbatasan langsung dengan kecamatan Rancabangur. Kepala desa Pabuaran saat ini, Bapak Zaenal Abidin selaku kepala desa pengganti beliau menjabat selama masa Juli  s/d November 2019, karena sebelumnya desa Pabuaran di pimpin oleh Ibu Ayoh Yohana dalam masa pemerintahan 2014 – 2019.

2.      KONDISI DEMOGRAFIS
Jumlah penduduk Desa Pabuaran sampai akhir bulan April Tahun 2019, tercatat sebanyak 11.901jiwa, terdiri dari Laki-laki 6.266 Jiwa dan Perempuan 5.635 Jiwa.
Desa pabuaran memiliki jumlah wilayah 3,780,000Ha.Desa Pabuaran terdiri dari sawah yang luasnya sekitar 1,430.000 Ha, ladang 570,000 Ha dan pemukiman yang luas 1,240.000 Ha.Desa pabuaran memiliki dari 9 Rukun Warga (Rw) dan 34 Rukun Tetangga (RT).
Pabuaran terkenal dengan julukan desa Gurame, karena memiliki perternakan ikan gurame yang sangat terkenal, karena 85% penduduk Desa Pabuaran sebagai perternak ikan. Selain perikanan penduduk desa Pabuaran juga sebagai Pedagang dan Petani. 90% Mayarakat Desa Pabuaran beragama islam, sehingga terdapat empat pesantren terdiri dari, Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hikmah, Pondok Pesantren Surau Patih, Pondok pesantren Ibnu Sa’di Darussa’adah, Pondok Pesantren Tajul Allawiyyin.
            Desa Pabuaran memiliki 4 PAUD , (Paud Riyadul Muta’alimin, Tunas melati, Paud Harapan Bunda, Paud Riyadul Sholihin), dan ada dua Taman Kanak-kanak (TK),TigaSekolah Dasar (SD) terdiri dari SDN 01 Pabuaran, SDN 02 Pabuaran dan  SDN 03 Pabuaran, dan terdapat satu Sekolah Menengah Pertama(SMP) SMP Situ Bakti Mulia.
Di desa pabuaran terdapat 1 puskesmas pembantu yang terletak di Jalan Raya Pabuaran, sebelah kiri kantor desa Pabuaran. [1]
Tabel 2. 1
Pendidikan dan Kesehatan
a. Rasio Murid dan Guru
Kategori
Tingkatan/Jenis Sekolah
Jumlah Pengajar
JumlahSiswa
Rasio
Sekolah Formal
SD
20
400
20

SMA
0
0
0

SMP
0
0
0

TK
4
40
10
Sekolah Islam
Ponpes
4
180
45
Jumlah Total
28
620

b. Sarana Kesehatan
Jenis Sarana Kesehatan



Jumlah (Unit/Orang}
Dukun Bersalin Terlatih



10
Bidan



1
Perawat



1

Tabel 2.2
Tingkat Pendidikan Masyarakat
Tingkatan Pendidikan
Laki-Laki (orang)
Perempuan (orang)
Jumlah (Orang)
Tamat SD/sederajat
2.686
2.7
5.386
Tamat SMP/sederajat
1.06
857
1.917
Tamat SMA/sederajat
934
538
1.472
Tamat D-1/sederajat
3
7
10
Tamat D-2/sederajat
13
18
31
Tamat D-3/sederajat
2
3
5
Tamat S-1/sederajat
36
22
58
Tamat S-2/sederajat
12
6
18
Jumlah Total (Orang)
4.746
4.151
8.897





BAB III
DISAIN PROGRAM KKN-PPM

Dalam pelaksanaan KKN-PPM UNUSIA, kami selaku kelompok KKN–PPM Tim Harokah mengadakan program yang berkesesuaian dengan kondisi geografis maupun demografis di Desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat sebagai berikut:
1.      Mengadakan silaturahmi ke majelis, lembaga pendidikan, dan tokoh masyarakat
2.      Ikut serta dalam KBM atau kegiatan belajar mengajar di sekolah (PAUD, MI/SD, MTs/SMP, MAN/SMA/SMK).
3.      Mengadakan BIMBEL atau bimbingan belajar bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam belajar siswa/i desa Pabuaran.
4.      Ikut serta dalam KBM atau kegiatan belajar mengajar di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an).
5.      Membantu bersih-bersih Masjid/Musholla
6.      Mengikuti pengajian rutin mingguan warga desa Pabuaran.
7.      Membuat acara berupa Festival Anak Soleh (FAS).
8.      Membantu warga dalam melaksanakan rangkaian idul adha.
9.      Mengadakan kegiatan untuk memeriahkan HUT RI ke-74 tahun.
10.  Mengadakan kegiatan perduli sungai dan lingkungan bersih desa.
11.  Membantu pengadaan surat nikah dan akte kelahiran seluruh warga (Isbat Nikah).
12.  Mengadakan sosialisasi tentang pernikahan.
13.  Mengadakan senam sehat ibu-ibu setiap seminggu sekali.
14.  Mengadakan seminar pentingnya pendidikan.
15.  Pengadaan organisasi karang taruna desa Pabuaran.
16.  Pengadaan kerajinan tangan untuk kegiatan usaha ibu-ibu desa Pabuaran.
17.  Ikut serta dalam kegiatan Posyandu
18.  Mengadakan seminar ke-NU-an kepada remaja-remaja desa Pabuaran.
19.  Mengadakan calistung (baca, tulis, hitung) untuk anak usia dini.
20.  Mengadakan perpustakaan mini
21.  Mengadakan sosialisasi mengenai kesehatan
22.  Membuat kerajinan tangan berupa celengan bersama anak-anak dan remaja desa Pabuaran guna mengetahui pentingnya menabung.
23.  Mengadakan Pelatihan benih dan pa



BAB IV
DESKRIPSI PELAKSANAAN KKN-PPM

Dengan memperhatikan kondisi serta sarana prasarana pendukung, maka dari sekian banyak program kerja yang telah disusun oleh Tim Harokah sebagian besar dapat dilaksanakan dengan baik walaupun masih jauh dari sempurna. Berikut Laporan lengkap tentang pelaksanaan program kerja tim KKN UNUSIA Jakarta kelompok harokah di Kampung Keramat Desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat:

1.      Silaturahmi kepada masyarakat sekaligus pembukaan KKN-PPM

Untuk mempermudah dalam pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) kelompok Harokah UNUSIA Jakarta, kami perlu mengenal tokoh masyarakat desa Pabuaran dan warga sekitar posko KKN. Silaturahim ini kami mulai dari tanggal 29 – 31 Juli 2019 sekaligus mengundang masyarakat untuk hadir dalam pembukaan KKN yang adakan pada 01 Agustus 2019 di balai desa Pabuaran.
Dalam kesempatan silaturahim, tokoh masyarakat menyambut dengan baik. sehingga kelompok Harokah mendapatkan lebih banyak informasi terkait masyarakat di desa Pabuaran. Ada beberapa Desain program hasil observasi pertama yang kami ubah menyesuaikan data terbaru.
Kamis 01 Agustus 2019, Acara Pembukaan KKN ini terlaksana di aula kantor desa Pabuaran, dengan mengangkat tema “Bersatu Kita Kompak, Berguna Bagi Masyarakat” kelompok harokah ini di hadiri Arif Rahman M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan kelompok harokah, seluruh perangkat desa pabuaran, Evi diana wati M,Ag selaku perwakilan dari KUA,18 Mahasiswa Universitas Nahdatul Ulama Indonesia Jakarta dan 27 tokoh masyarakat desa Pabuaran (absensi terlampir).
Pembukaan ini sekaligus menyampaikan program yang telah disusun oleh kelompok harokah selama kurang lebih satu bulan dan meminta kerja sama kepada seluruh warga desa Pabuaran untuk merealisasikan program-program tersebut.

Tabel 4.1
Penanggung Jawab
Irgi Nur Fadil & Muhammad Hambali
Waktu kegiatan
29 – 31 Juli 2019 (Silatuhrami)
09:00 – 11:00 WIB
01 Agustus 2019
Tujuan
-Mengenalkan kelompok harokah kepada Tokoh masyarakat dan warga sekitar
-Menyusuaikan program yang relevas sesuai dengan permasalahan kampung di desa Pabuaran
-Menyampaikan Program KKN kelompok Harokah.
Sasaran
-Tokoh agama
-Tokoh masyarakat
-Pemuda/I desa Pabuaran
-Warga Desa Pabuaran
Hambatan / kendala
-Waktu yang tidak sesuai dengan yang direncanakan
-UNUSIA di kenal sebagai pendukung salah satu paslon pilpres


2.      Mengikuti pengajian rutinan warga desa Pabuaran
    
Pengajian rutin adalah kegiatan agamis para warga desa Pabuaran, hampir setiap RT mempunyai jadwal pengajian majelis masing-masing baik ibu-ibu maupun bapak-bapak. Ada pula pengajian desa yang diadakan sebulan sekali dengan dihadiri seluruh majelis per- RT di desa Pabuaran.
Karena hal tersebut kelompok Harokah menjadikan pengajian rutinan sebagai salah satu kegiatan harian untuk membangun kekompakan atas majelis satu dengan yang lainnya dan menyambung ukhuwah Islamiyah antar masyarakat. Setiap pengajian kelompok Harokah selalu diberikan kesempatan untuk menyampaikan program yang akan dilaksanakan guna mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam program-program tersebut.
Pengajian merupakan salah satu amaliyah Nahdlatul Ulama, masyarakat mengetahui bahwa kelompok Harokah merupakan mahasiswa dari Nahdlatul Ulama sehingga tidak jarang masyarakat meminta kelompok Harokah untuk menjadi petugas dalam pengajian rutinan baik membaca sholawat, rawi, yasin maupun tahlil sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap masiswa Universitas Nahdhatul Ulama.

Tabel 4.2
Penanggung Jawab
Yasmine Mawadaht ( Pengajian Ibu-ibu)
Taufiq Hidayatullah ( Pengajian Bapak-bapak)
Waktu kegiatan pengajian rutin Ibu-ibu
Hari senin : Majelis Al-Huda di Pulo.
( Pukul : 07.00-09.00 )
Hari selasa : Majelis Riyadul Mut’taalimin
( Pukul : 07.00-09.00 )
Hari Kamis : Masjid Al-Ihsan di Kp. Kiara
( Pukul : 08.00-10.00 )
Hari Jum’at : Masjid Al-Ikhlas
( Pukul : 08.00-10.00 )
Waktu kegiatan pengajian rutin Bapak-Bapak
Hari Senin : Majelis Riyadul Mut’taalimin
( Pukul : 19.00-20.30 )
Tujuan
- Turut  mengikuti  serta bergabung bersama Ibu-ibu masyarakat setempat.
- Memper-erat silaturrahmi, dan Ukhuwah Islamiyyah.
-   Mendapatkan ilmu baru dan serta,
- Mendapatkan pengalaman-pengalaman yang bermanfaat.
Sasaran
Ibu ibu & bapak-bapak pengajian.
Jumlah pesarta
Sangat banyak
Hambatan / kendala
-


3.      Ikut Serta KBM PAUD

Pada minggu pertama, kelompok harokah melakukan survey terlebih dahulu dan musyawarah pembagian tugas mangajar disetiap PAUD dan TK. Adapun daftar PAUD dan nama pengajarnya diantaranya ialah :
·                 Paud Riyadul muta’alimim     : Annisa, Yasmin
·                 Paud Tunas melati                   : Karini, Irna
·                 Paud Harapan bunda              : Yasmin, Irna. Karini
·                 TK Bhakti mulia                     : Husnul, Annisa, Ajen
Pada minggu ke-2 tim Harokah melakukan sosialisasi sekaligus memberikan surat tugas KKN di desa pabuaran guna meminta izin untuk mengajar di PAUD dan TK pabuaran. Dalam peroses belajar mengajar, kelompok harokah mengembangkan strategi baru yang belum digunakan oleh pengajar PAUD dan TK Desa Pabuaran, dengan menambahkan model dan memberikan edukasi yang sesuai dengan tema pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran, diadakan baris berbaris di depan kelas, berhitung dan mengenal anggota tubuh dengan menggunakan bahasa arab, bahasa inggris dan beryanyi  bersama-sama. Menghafalkan hadist sebelum memulai pelajaran dan membaca doa-doa harian di pertengahan pelajaran ketika istirahat maupun sebelum pulang.

Tabel 4.3
Penanggung Jawab
Annisa Fitri dan Irna Rizkiyah
Waktu kegiatan
Hari Senin -  Jumat
Pukul 07.30 - 10.30
Tujuan
- menambah model dan strategi pembelajaran

Sasaran
-TK danPAUD
Jumlah PAUD dan TK
3 PAUD dan 1TK
Hambatan / kendala
-


4.      Ikut serta KBM TPQ

TPQ adalah salah satu kegiatan yang sudah berjalan di desa Pabuaran. Namun, di desa ini belum memiliki fasilitas belajar di beberapa TPQ seperti adanya papan tulis, kapur tulis ataupun spidol, kurangnya meja belajar, Al-quran dan Iqro. Hampir seluruh TPQ didesa Pabuaran memiliki pembelajaran yang monoton (spesifik pembacaal al-Qur’an)
Karena hal ini,  tim KKN Harokah meningkatkan pendidikan non formal anak-anak muslim di desa pabuaran melalui Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ). Pendidikan utama berisikan materi-materi yang berperan membentuk generasi muslim yang mengenal bacaan tulis Al-Quran, taat beribadah dan rajin menegakkan shalat.  Disini pun kami membekali para murid- murid dengan  murotal bersama ( modul qiroaty) dan membekali para murid dengan belajar tulis huruf hijaiyah bersambung dan tidak bisa di sambung dan membekali para murid-murid dengan belajar kosa kata dan lughoh bahasa arab, dan metode ini kita gunakan metode pengulangan. Dan kami pun membekali para murid memahami ilmu tajwid. Anak-anak pun senang ketika mereka belajar nama-nama benda dalam bahasa arab, karena mereka belum sama sekali mempelajari bahasa arab selama mereka mengaji. Adapun daftar nama Majelis, TPA atau TPQ beserta pengajarnya di antaranya yaitu: 
·       Majelis Al-Ikhlas         : Karini, Fina dan Irna
·       TPA Ibu Rus               : Irna, Yasmin, dan Nisa
·       Mushola Sawit                        : Annisa dan Ana 
·       TPQ Pak Haji Oman   : Aji dan Hambali
·       TPQ Ustad Yana        : Andre dan Bimo
pengajar  mengarahkan anak-anak untuk menghafal do’a-do’a harian dan membaca juz 30 Setiap setelah usai pelajaran mengaji anak-anak di haruskan membaca Illa hanna dan kosa kata Bahasa Arab. Dalam pengajaran selanjutnya mereka diajarkan untuk membaca asmaul husna. 
Untuk kenang-kenangan dan bantuan belajar TPQ, kami selaku coordinator program member sebuah Al-Quran dan 5 buah buku juz amma. Agar mempermudah para murid membaca Al-Quran dan membaca juz amma dengan mudah, dan kami pula memberikan program ini kepada ustad dan ustazah yang memimpin TPQ tersebut, setiap mereka membaca Al-Quran dan juz amma dari kami maka insya allah akan menjadi amal jariyah untuk kami, aamiin.
Tabel 4.4
Penanggung jawab
Karini Sofiani dan Fina Fatihatussa’adah
Waktu kegiatan
Senin- Jumat
TPQ ibu rustia jam 14.00- 17.00
TPQ musola sawit 15.30- 17.00
TPQ nurul islam senin-rabu malam 17.30- 18.10
TPQ pak h.oman 15.00-17.00
TPQ ustad yana 14.30-17.00
Tujuan
Membantu anak-anak desa pabuaran melancarkan bacaan al-quran dan menjadikan al-quran sebagai pedoman hidup
Sasaran
Anak-anak tk dan sd dari umur 4-10 tahun
Kendala/ hambatan
Kurangnya fasilitas TPQ tersebut seperti meja belajar, al-quran dan papan tulis


5.      Senam sehat

Salah satu program Kuliah Kerja Nyata kelompok Harokah adalah mengadakan senam sehat setiap 1 minggu sekali tetapnya pada hari minggu, dengan tujuan mengajak warga agar melalukan pola hidup sehat dengan berolah raga minimal seminggu sekali.
Pada awal rencana program senam sehat ini disasarkan kepada ibu-ibu setempat, tetapi karena banyaknya kendala seperti membersihkan rumah dihari libur dan banyaknya pula undangan hajatan pada hari minggu membuat koordinator merubah sasaran senam menjadi ke anak-anak.
Anak-anak sangat antusias dengan diadakannya senam sehat bersama pada minggu sore, setiap hari minggu kita mengadakan senam sehat bersama dan menanamkan pentingnya berolahraga dan hidup sehat kepada anak-anak
Dari minggu ke minggu tidak mengurangi semangat anak-anak untuk tetap melakukan senam sehat bersama, diadakannya senam sehat ini juga bertujuan untuk mempererat pertemanan anak-anak dalam pergaulan yang baik.

Tabel 4.5
Penanggung Jawab
Husnul dan Karini
Waktu kegiatan
Setiap hari minggu
Pukul 16:30-17:15
Tujuan
-Mengajak warga untuk melalakukan pola hidup sehat
-untuk mempererat pertemanan
Sasaran
-Anak-anak desa pabuaran
Jumlah pesarta
20 peserta
Hambatan / kendala
Banyaknya kegiatan ibu-ibu pada hari minggu membuat ibu-ibu tidak meminati program ini, sehingga coordinator mengganti sasaran ke anak-anak


6.      Pengadaan Calistung

Calistung adalah salah satu program yang belum ada di desa pabuaran.Calistung adalah baca, tulis dan hitung.Program ini diadakan untuk menunjang anak-anak yang sudah selasai di TK menuju SD tetapi belum ancer membaca.
Pendaftar calistung hanya 5 orang tetapi dengan 5orang ini program calistung berjalan dengan baik dan kondusif, yang dimulai pada hari selasa sampai hari jumat pukul 13:00 WIB. Hasil dari calistung ini sangat membuat orang tua dari sang anak Bangga, karena dengan metode mudah dipelajari anak anc dengan waktu yang singkat ancer membaca, menulis dan berhitung.Orang tua murid pun banyak berterima kasih Karena dengan diadakannya program ini sangat membantu mereka dalam mengajarkan anak dalam membaca,menulis dan berhitung.
Untuk kenang-kenangan dan bantuan belajar anak-anak, kami selaku coordinator program membuat buku pegangan membaca agar dipergunakan mereka untuk seterusnya dan kami pula memberikan program ini kepada salah satu tokoh masyarakat agar meneruskan dan mengembangkan program ini dengan membarikan buku panduan membaca kepada tokoh masyarakat tersebut.

Tabel 4.6
Penanggung Jawab
Husnul dan Yasmine
Waktu kegiatan
Hari selasa sampai jumat
Pukul 13:00-13:45
Tujuan
-Mengatasi anak-anak desa pabuaran yang belum lancar membaca
Sasaran
-anak Tk
-anak umur 4 sampai 7 tahun
Jumlah pesarta
5 peserta
Hambatan / kendala
Kurangnya pengetahuan orang tua tentang calistung membuat calistung sedikit diminati


7.      Pengadaan Bimbel

Bimbingan belajar merupakan program yang dilaksanakan dengan tujuan membantu siswa/i desa Pabuaran untuk mengatasi kesulitan belajar. Adapun pengajar bimbel adalah tim kkn harokah, beberapa pemuda/i dan tokoh masyarakat terdekat. Bimbel diadakan untuk siswa/i SD dan SMP, namun untuk tingkat SMP hanya mempelajari pelajaran Matematika dan Bahasa Inggris. Dalam melakukan pemberitahuan, kami membuat pamflet berupa info pengadaan bimbel dan menyebarkannya ke masyarakat sekaligus bersilaturahim dan menempelkan di tempat-tempat strategis.
Awal permulaan diadakannya bimbingan belajar siswa/i sangat antusias karena sebelumnya tidak ada bimbingan belajar di desa Pabuaran, bahkan jumlah awal mencapai 100 siswa/i desa paburan. Tim kelompok Harokah tidak menyangka dengan jumlah peserta yang hadir sehingga dihari pertama kita hanya melakukan perkenalan dan pembagian waktu belajar.
Dikarenakan banyak peserta yang berminat mengikuti bimbingan belajar membuat tim Harokah mengkonsep ulang pembagian waktu, tempat dan tugas mengajar. Untuk memudahkan komunikasi antara tim Harokah dan peserta bimbingan beajar  timHarokah membuat group via whatsapp yang digunakan untuk salah komunikasi terkait pembelajaran hingga pasca KKN.

Tabel 4.7
Penanggung Jawab
Rizka dan Nisa
Waktu kegiatan
Hari Senin – Jum’at (18.30 – 20.00)
Tujuan
Membantu siswa/i mengatasi kesulitan belajar

Sasaran
Siswa/i SD dan SMP

Jumlah pesarta
50 anak
Hambatan / kendala
-Tempatnya tidak terlalu luas sehingga menyebabkan kurang efektifnya pembelajaran mengingat sangat banyak yang berminat dalam bimbel
-Pengajar dari desa Pabuaran memiliki kesibukan sehingga terkadang tidak dapat mengajar


8.      Bersih-bersih Masjid/Mushola

Desa Pabuaran memiliki satu masjid dan banyak mushola, namun di dekat posko KKN ada 3 mushola. Mushola terdekat dengan tempat tinggal/posko KKN mengalami kendala yaitu marbotnya sakit, beliau mengalami patah tulang, namun kepengurusan mushola belum dibentuk kembali untuk menggantikan beliau, karena musim kemarau yang mengakibatkan tempat tinggal/posko KKN tidak ada air, tim KKN selalu menggunakan mushola/masjid sebagai tempat mengambil air, mandi maupun beribadah. Sehingga tim KKN mengadakan bersih-bersih mushola setiap pagi hari setelah sholat subuh. Tim KKN juga memberikan inventaris berupa peralatan bersih-bersih dan Al-Qur’an yang di dapat dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Tabel 4.8
Penanggung Jawab
Aji dan Bima
Waktu kegiatan
Setiap pagi (06.00 – 06.30) WIB
Tujuan
Membantu marbot

Sasaran
Kebersihan mushola
Jumlah pesarta
-
Hambatan / kendala
-


9.      Idhul Adha / qurban

Idul Adha adalah Hari Besar yang di rayakan oleh umat islam di seluruh dunia, Hari raya ini di peringati setiap tanggal 10 Dzulhijjah.memiliki sejarah dimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang ikhlas menjalankan perintah Allah SWT, yakin menyembelih Ismail. Sehingga Allah gantikan dengan sembelihan besar berupa domba jantan dari surga. Program Idul adha ialah kerja membantu masyarakat setempat dalam berjalannya kegiatan pemotongan dan pembagian daging qurban kepada yang berhaq menerimanya dengan tujuan untuk menggugah rasa kemanusiaan dalam berbagi antara sesama.
Program ini di ikuti oleh semua peserta KKN (baik laki laki maupun perempuan) dan tokoh masyarakat setempat karena program tersebut biasanya yang bepartisipasi di dalam kegiatan tersebut jarang yang berpartisipasi di dalam kegiatan tersebut jarang yang berpartisipasi dari para pemuda maupun pemudi sehingga dapat memotifasi para pemuda setempat untuk bergerak dan membantu proses kegiatan pemotongan hewan qurban ini adalah membuat kesadaran bagi para pemuda setempat agar prihatin serta peduli antara sesama saling membantu di dalam kebaikan sehingga setiap hari besar umat islam (Idul  Adha) para pemuda dapat berpartisipasi dalam mensukseskan cara tersebut dengan baik.Para pemuda dapat berpartisipasi dalam mensukseskan cara tersebut dengan baik, sehingga manfaat nya dapat di rasakan oleh semua orang.

Tabel 4.9
Penanggung Jawab
Bambang dan Hakim
Waktu kegiatan
11 Agustus 2019
Tujuan
- Memperingati hari Raya Idul Adha
Sasaran
Masyarakat
Jumlah pesarta
-
Hambatan / kendala
-

10.  Kesehatan

Dalam memperdayakan lembaga yang ada di desa, tim KKN bekerjasama dengan pihak kesehatan desa Pabuaran, program kesehatan pada bulan Agustus adalah pemberian vitamin A kepada anak-anak di bawah 3 tahun (batita) di setiap posyandu.
Desa Pabuaran, kemudian tim KKN juga bekerjasama dalam rangka pengadaan sosialisasi pernikahan dini. Awalnya tim KKN ingin ikut mengatasi permasalahan DBD di desa Pabuaran, namun tingkat penyakitnya sudah berkurang dan sudah ditangani dengan baik, sehingga pihak kesehatan tidak membahas mengenai program berkenaan dengan DBD.

Tabel 4.10
Penanggung Jawab
 Rizka dan Annisa
Waktu Kegiatan
12 – 14 Agustus 2019 (08.00 – 12.00) WIB
Tujuan
Membantu pihak kesehatan dalam penyaluran vitamin A kepada batita
Sasaran
Anak di bawah tiga tahun
Jumlah Peserta
100 anak
Hambatan/kendala
-






11.  Festival Anak Sholeh (FAS)

Festival anak soleh adalah salah satu ajang menumbuhkan nilai keislaman pada anak-anak di desa pabuaran, program ini merupakan pendidikan dan pelatihan yang sangat efektif dalam membentuk karakter anak.
Hari ulang tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 74 ini di manfaatkan mahasiswa KKN (kuliah kerja nyata) UNUSIA Jakarta kelompok Harokah, untuk menggelar festival anak soleh (FAS). Festival anak Soleh ini di ikuti seluruh puluhan santri TK, TPA, dan Paud se-desa Pabuaran. Gelaran ini bertujuan untuk syiar Islam menumbuhkan, mengembangkan dan kreativitas santri.
Sejumlah lomba yang diadakan mulai dari Adzan, mewarnai, hafalan surat pendek, pidato dan doa harian. Dalam pembukaan acara ini di hadiri oleh Kepala Desa Pabuaran, Kordinator Lomba ustadzah Rodiyah,  ketua MUI desa Pabuaran dan sejumlah tokoh masyarakat.
Tabel 4.11
Penanggung Jawab
Husnul, Nurul dan Ana
Waktu kegiatan
Hari Kamis – Jumat
Pukul 13.00-16.00 WIB
Tujuan
- Menumbuhkan nilai keislaman pada anak-anak di desa pabuaran dan membentuk karakter anak.

Sasaran
- TK,TPA, danPaud
-anakumur 4 - 7 tahun
Jumlahpesarta
50 peserta (terlampir)
Hambatan / kendala
Susah pihak desa untuk ditemui,
Susahnya pencairan dana dari pihak desa


12.  HUT RI

Dalam memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, tim KKN bekerjasama dengan pihak desa, pemuda/i dan beberapa Paud desa Pabuaran. Pembuatan gapura dengan para pemuda sebagai bentuk memeriahkan kemerdekaan RI, dan pengadaan beberapa perlombaan seperti panjat pinang, pukul kendi, lomba festival anak sholeh, lomba memindahkan bendera, joget balon, merias wajah ibu-ibu, dll. Lomba-lomba tersebut dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus. Tim KKN juga menjadi petugas sekaligus pelatih obade dan paskibraka upacara 17 Agustus di desa Pabuaran. Setelah upacara selesai, tim KKN ikut berpartisipasi dalam acara puncak kemerdekaan di Desa Pabuaran, adapun acaranya berupa hiburan dan doa-doa.

Tabel 4.12
Penanggung Jawab
Annisa, Rizka, Hakim
Waktu kegiatan
Melatih obade
(10-16 Agustus, jam 13.00-15.00 WIB)
Petugas (17 Agustus, jam 08.00-11.30 WIB)
Tujuan
- Memeriahkan HUT RI
- Memaksimalkan kegiatan HUT RIHUHjhcujhcjk
Sasaran
Seluruh warga
Jumlah pesarta
Sangat Banyak
Hambatan / kendala
-


13.  Seminar Pendidikan

Pendidikan adalah salah satu hal yang paling pokok dalam kehidupan.Salah satu program kuliah kerja nyata kelompok harokah adalah mengadakan seminar “pentingnya pendidikan”.Kurangnya kesadaran orang tua desa pabuaran mengakibatkan banyaknya anak-anak yang tidak melanjutkan sekolah karena lebih mementingkan untuk bekerja. Program ini diadakan untuk meningkatkan kesadaran orang tua dalampentingnya  memberi pendidikan formal pada anak.
Seminar ini diadakan dua pertemuan, yang pertama disasarkan kepada ibu-ibu pengajian yang diselenggarakan di masjid Al-Ikhlas sekaligus pengajian desa Pabuaran.dengan narasumber dosen UNUSIA Jakarta Ibu Nur Setyaningrum. Para ibi-ibu yang hadir sangat antusias mendengarkan seminar yang dibawakan oleh dosen tersebut.Acara ini berjalan cukup lancar dan sesuai pada waktu yang ditentukan.
Seminar kedua diadakan di SDN Pabuaran 01 yang mencakup kelas 4,5 dan 6. Anak-anak sangat antusias dengan kehadiran kelompok kkn kami, seminar ini diadakan secara santai tetapi tepat dengan berbagai macam bentuk seperti penyampaian edukasi pentingnya pendidikan, memberi motivasi, games dan yel-yel. Yang diisi oleh mahasiswa. Seminar disekolah diadakan dengan tujuan agar termotivasinya anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.

Tabel 4.13
Penanggung Jawab
Husnul, Yasmine
Waktu kegiatan
Hari minggu 25-08-2019
Hari senin 26-08-2019
Tujuan
-Menumbuhkan kesadaran orang tua terhadap pendidikan
-Memotivasi anak-anak agar menambah semangat belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
Sasaran
-Ibu-ibu warga desa Pabuaran
-Peserta didik kelas 4,5 dan 6.
Jumlah pesarta
135 ibu-ibu
400 peserta didik
Hambatan / kendala
-


14.  Sosialisasi Pernikahan Dini

Pernikahan adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau yang di laksanakan dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara agama, norma hukum, dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial.
Sosialisasi ini diadakan satu pertemuan, disasarkan kepada pemuda-pemudi (Karang Taruna), siswa/i smp-sma desa pabuaran, yang diselenggarakan di Yayasan Umul Qur’an ( H. Abdurrohman). Dengan narasumber Kaprodi Pendidikan Guru Paud UNUSIA Jakarta Bpk. Waspada, M.M , Kepala KUA Kecamatan Kemang Dr. H. Istikhori M.ag , Dinas Kesehatan Desa Pabuaran Roro Fitria Am.Keb. dihadiri aparat pemerintah dan tokoh masyarakat. Para pemuda-pemudi yang hadir sangat antusias mendengarkan seminar yang dibawakan oleh narasumber. Acara ini berjalan cukup lancar dan sesuai pada waktu yang ditentukan.
Tabel 4.14
Penanggung Jawab
Andri Jadmiko, Ghufron Hanafi
Waktu kegiatan
Hari minggu, 1 september 2019
Tujuan
Miningkatkan Pemahaman remaja, tentang tujuan PUP serta dampak yang ditimbulkan oleh pernikahn dini
Sasaran
-Pemuda-pemudi (karang taruna) desa Pabuaran
-Siswa/i SMP-SMA yang ada didesa pabuaran
Jumlah pesarta
13 pemuda-pemudi
8 siswa/i siswa-sma desa pabuaran
Hambatan / kendala
-kurang antusias para peserta


15.  Seminar Ke-NU an

     Untuk menyelaraskan program KKN dengan program kerja MWCNU kecamatan Kemang, yaitu untuk menyebarkan Nahdlatul  Ulama maka dengan itu kelompok harokah bekerjasama dengan MWCNU Kemang dan menggelarkan kegiatan Lailatul Ijtima’ dan seminar ke NU-an di desa Pabuaran.
Kegiatan ini di laksanakan di pesantren Surau Pati  RW 08 desa Pabuaran pada tanggal 23 Agustus 2019.  Kegiatan ini dihadiri oleh pengurus Ranting NU se- Kemang, beberapa pengurus cabang NU Kabupaten Bogor dan tokoh agama desa Paburan.
Lailatul Ijtima’ ini dirangkai dengan istighosah dan mauled diba’ setelah selesai di isi dengan seminar ke NU-an oleh bapak Ahmad Ikhrom, salah satu ketua PCNU kabupaten Bogor dan sekaligus dosen UNUSIA Jakarta.

Tabel 4.15
Penanggung Jawab
Irgi Nur Fadil dan Muhammad Hambali
Waktu kegiatan
23 Agustus 2019.
Pukul 19:00-23:45
Tujuan
-Meyebarkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah Anahdliyyah
Sasaran
-Tokoh Agama
-Tokoh Masyarakat
- Masyarakat Desa Pabuaran
- Santri Pesantren Surau Pati
Jumlah pesarta
50 orang
Hambatan / kendala
Masyarakat desa Pabuaran menganggap bahwa NU bukan ormas Islam namun sebagai Partai Politik sehingga mereka enggan mengikuti NU karena harus mengikuti cara pandang politik NU.


16.  Memeriahkan 1 Muharam 1441 H

Kelompok KKN Harokah tidak memprogram acara 1 Muharam dikarenakan perkiraan awal KKN selesai diakhir bulan Agustus. Karena ada penambahan waktu berdasarkan kesepakatan kelompok. Kemudian kelompok KKN Harokah diminta oleh kepala Desa Pabuaran untuk ikut serta membantu menjalankan memeriahkan 1 Muharam. Kegiatan yang diadakan pada malam 1 Muharam adalah hal rutin ba’da magrib syukuran bersama dan setelah ba’da isya pawai obor (dengan seribu obor) mengelilingi desa Pabuaran. Hal ini guna mempererat tali silaturahmi antara warga desa Pabuaran.
Tabel 4.16
Penanggung Jawab
Andri Jadmiko dan Prasetya Aji P
Waktu kegiatan
1 september 2019
Ba’da magrib sampai 22:00
Tujuan
-Mempererat tali silatuhrami antara warga desa Pabuaran
-Memeriahkan serta memperingati tahun baru Islam
Sasaran
-Seluruh warga desa Pabuaran

Jumlah pesarta
1200 warga
Hambatan / kendala
-


17.  Kerajinan tangan
a)    Celengan
Program ini mensosialisasikan kepada anak-anak desa pabuaran tentang pentingnya menabung sejak dini serta mengajarkan anak-anak membuat celengan yg dibuat dari bahan seadanya seperti kardus dan koran dengan bantuan para mahasiswa.
Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk menanamkan rasa gemar menabung pada anak- anak desa pabuaran “ rajin pangkal pandai, hemat pangkal kaya” ungkapan kata-kata bijak ini kita tanamkan kepada anak-anak.
Kepada mereka kita ajarkan hidup hemat dengan cara menabung agar pola konsumtif yang tidak bermanfaat dapat dikurangi.untuk memotivasi anak-anak belajar tentang pentingnya gemar menabung pada usia dini maka kami memberikan pelatihan pembuatan celengan dari bahan bekas yaitu kardus dan kertas koran yang dibuat sendiri oleh anak-anak dengan bantuan para mahasiswa, dengan celengan yang dibuat sendiri dapat menambah minat anak karena celengan yang dibuat sendiri oleh anak-anak.

Tabel 4.17
PenanggungJawab
Nurul
Waktu kegiatan
Hari Kamis Pukul 19.30-20.30
Tujuan
Menanamkan rasa gemar menabung pada anak- anak desa pabuaran.
Sasaran
Anakumur 4 sampai13tahun
Jumlahpesarta
35 peserta
Hambatan / kendala
-

b)      Sablon

Masih Kurangnya kegiatan pemuda pemudi di desa Pabuaran untuk mendorong perekonomian, dengan itu kami membuat pelatihan menyablon kaos. Karena menurut kami sablon kaos saat ini banyak diminati oleh pemuda maupun organisai. Dengan itu kami yakin dengan adanya penyablon kaos dari pemuda pemudi dapat menambah perekonomian mereka.
Dengan itu kami mendatangkan pemateri muda dari Jakarta. Beliau adalah Burhan Shidiq pemuda yang memiliki usaha di bidang sablon kaos ini memberikan materi sablon kaos dari cara screen sampai tahap pemasangan cat di kaos.
Kegiatan pelatihan sablon ini di ikuti oleh 5 pemuda Desa Paburan yang kami  bina agar bisa melanjutkan sablon kaos ini di kemudian hari. Kegiatan ini kami laksanakan pada tanggal 03 September 2019, di Posko KKN kelompok harokah

Tabel 4.18
Penanggung Jawab
Irgi
Waktu kegiatan
20:00 – 23:00 WIB
03 September 2019
Tujuan
Memberikan ketrampilan baru untuk pemuda-pemudi Desa Paburan agar mereka memiliki ketrampilan yang dapat digunakan untuk berlatih wira usaha
Sasaran
-Pemuda/I desa Pabuaran
Hambatan / kendala
-Pemuda yang kurang paham dan tidak begitu memperhatikan sehingga saat mempraktikan menyablon kurang bisa dan membuat screen menjadi rusak
-Jauh dari toko alat sablon




18.  Perpustakaan NU

Kuliah kerja nyata kelompok harokah mendirikan perpustakaan di majlis ta’lim raudatul muta’alimin desa pabuaran, kec. kemang. Perpustakaan diberi nama ”perpustakaan Nahdhatul Ulama” perpustakaan ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian dan kecintaan para mahasiswa kepada generasi penerus bangsa Indonesia.
Program besar ini sudah dimulai sejak bulan agustus 2019, dengan cara menggalangkan buku dan mewajibkan peserta KKN membawa buku, banyak juga buku dari LAKPESDSM NU dan wahid foundation. Sehinggga buku-buku ini banyak koleksinya, dari buku anak-anak sampai sejarah menjadi kolesi diperpustakaan ini diperkirakan jumlahnya mencapai 800 buku.
Tingginya minat baca anak-anak membuat perpustakaan ini di banjiri anak-anak setiap harinya, setiap malam anak-anak berdatangan untuk membaca diperpustakaan ini mereka mempergunakan waktu kosong mereka dengan membaca buku.
Tabel 4.19
Penanggung Jawab
Husnul dan Fina
Waktu kegiatan
26 Agustus 2019
Tujuan
-Mengajak seluruh warga desa pabuaran agar giat membaca
-Memberikan wadah baru untuk perkembangan anak-anak dengan membaca
Sasaran
-SEluruh warga desa Pabuaran
Jumlah peserta
-
Hambatan / kendala
-


19.  Perduli sungai & lingkungan bersih

Program kali bersih adalah program kerja pengendalian pencemaran air kali dengan tujuan untuk meningkatkan kualitas air kali agar tetap berfungsi sesuai dengan manfaatnya. Program ini berasakan pelestarian fungsi lingkungan perairan kali yang berkelanjutan bagi peningkatan kebutuhan masyarakat setempat.
Program ini diikuti oleh semua peserta KKN (laki laki) dan pemuda Karang Taruna RT 01. Program ini sangat mengantusiasi masyarakat setempat, karena program tersebut sudah lama belum berjalan sehingga beberapa orang dari warga setempat pun ikut berpartisipasi di dalam mensukseskan program kali bersih tersebut. Program ini di mulai hari minggu pada pukul 14.30 – 16.30 (karena pada waktu tersebut para warga setempat tidak banyak menggunakan kali terssebut)
Hasil dari program kali bersihin dalam membuat kesadaran para warga setempat agar mencintai lingkungan sekitar, khususnya kali yang sering di gunakan untuk kebutuhan sehari hari (mandi,mencuci pakaian dsb). Serta dapat berkelanjutan/dapat di teruskan kembali oleh warga setempat sehingga manfaatnya dapat di rasakan oleh semua orang.
Tabel 4.20
Penanggung Jawab
Bambang  S dan Gufron
Waktukegiatan
Hari Minggu
Pukul 14.30 – 16.30
Tujuan
Memberikan Kesadaran tentang mencintai lingkungan setempat
Sasaran
Pemuda dan Pemudi Karang Taruna dan
Warga Masyarakat setempat
Jumlahpesarta
35 peserta
Hambatan / kendala
Waktu yang di butuhkan sangat terbatas , karena kali tersebut sangat di butuhkan oleh warga setempat untuk segala keperluannya


20.  Pagar Nusa

Pencak silat merupakan suatu bela diri yang berasal dari Indonesia. Saat ini banyak yang beranggapan bahwa pencak silat merupakan bela diri atau olahraga yang kuno untuk dipelajari atau untuk di dalami. Oleh karena itu, kami merasa untuk mengadakan pelatihan pencak silat di desa Pabuaran.
Selain melestarikan budaya nusantara pencak silat juga merupakan olahraga untuk menguatkan jasmani dan rohani. Dengan memaksimalkan program ini kami berkerjasama dengan majelista’lim umul qur’an dan pemuda kampung keramat untuk menggelar latihan pencak silat.
Program ini sangat diminati oleh anak-anak dari SD-SMP yang mengikuti latihan. Latihan kami selenggarakan di kampung Keramat setiap sore di mulai dari jam 16:00 WIB sampai selesai. Sedangkan di majelis Umul Qur’an kampung Kiara diadakan setiap malam jam 19:00 sampai selesai. Pencak silat ini juga kami tampilkan dalam acara penutupan KKN kelompok harokah.
Tabel 4.21
Penanggung Jawab
Irgi Nur Fadil
Waktu kegiatan
-Kampung Keramat
Setiap sore jam 16:00 – Selesai
- Majelis Umul Qur’an kampung Kiara
Setiap Malam 19:00 – Selesai
Tujuan
-Merawat Budaya Nusantara
-Menguatkan Jasmani dan rohani
-Melindungi diri dari dengan ilmu pencak silat
Sasaran
-Anak-anak SD-SMP
Hambatan / kendala
-Banyaknya kegiatan sehingga tidak maksimal dalam mengajar Pencak Silat
-Anaknya susah dalam memahami gerakan
-Banyak anak-anak yang cenderung apatis.


21.  Kreasi Seni

Kreasi seni untuk anak adalah salah satu program KKN di desa Pabuaran, kreasi seni tersebut berupa tari-tarian tradisional, sholawat bersama, pencak silat dll. Kreasi seni itu sendiri ditampilkan pada malam penutupan sekaligus tablig akbar yang diselenggarakan di halaman rumah Ust. Mahbub.
Kreasi seni ini banyak mendapat antusiasme anak-anak maupun orang tua, karna sebelumnya masyarakat mau pun desa tersebut jarang mengadakan kreasi anak. Desa pabuaran sendiri sudah sering mengadakan tabligh akbar pada bulan islam seperti muharam, maulid dll.
Namun tampilan kreasiseni untuk anak-anak sangat jarang dilakukan. Oleh karena itu kami coordinator membuat kreasi seni untuk anak dengan tujuan membangkitkan semangat budaya yang sebeiumnya semakin terlupakan.
Tabel 4.22
Penanggung Jawab
Nisa dan Nurul
Waktukegiatan (latihan)
Hari senin-sabtu
Pukul 16:00-17:30
Tujuan
-Membangkitkan semangat budaya yang sebelumnya semakin terlupakan.
Sasaran
-Mulai dari Taman kanak-kanak sampai sekolah dasar
Jumlah pesarta
25 perserta
Hambatan / kendala
Pelaksanaan penyelenggara minim dukungan


22.  Tabligh Akbar, Pelantikan PAC Muslimat NU Kec. Kemang  & Ranting Muslimat NU desa Pabuaran

Ibu-ibu di desa Paburan terlihat sangat aktif di pengajian yang di adakan oleh majelis ta’lim setiap kampung, bahkan dari pemerintah desa juga mempunyai program pengajian untuk ibu-ibu di desa Pabuaran. Saat kami menemui tokoh agama H. Abdurrohman salah satu tokoh NU di desa Pabuaran mengatakan bahwa ranting NU di desa Pabuaran sudah ada namun untuk Muslimat NU nya belum ada. Dengan landasan itulah kami membuat program unggulan  dengan membentuk pengurus ranting Musllimat NU sebagai wadah ibu-ibu di Nahdlatul Ulama.
Namun program yang kami buat ini tidaklah mudah saat kami menemui ketua MWCNU kecamatan kemang ternyata pengurus anak cabang Muslimat NU Kemang juga belum terbentuk. Dengan obrolan yang panjang dengan ustad Farid selaku ketua MWCNU Kemang akhirnya kami menemukan titik temu yaitu membentuk sekaligus pelantikan secara bersamaan PAC dan pengurus ranting Muslimat NU.
Dalam pembentukan pengurus ranting Muslimat NU pun kami menemukan kesulitan karena tokoh agama disana kurang mendukung akan kehadiran ormas Islam terbesar di dunia ini. Dengan tekad yang keras kami mempertemukan tokoh agama yang mempunyai background pesantren lalu mereka mendukung kami untuk membentuk pengurus Muslimat NU desa Pabuaran.
Nama-nama pun tersusun lalu kami mengundang mereka untuk musyawarah dalam menyusun structural pengurus ranting Muslimat NU. Adapula yang enggan hadir dalam musyawarah ini, namun akhirnya terbentuklah structural Muslimat NU desa Pabuaran dengan hasil ustdazah Entik sebagai penasihat dan ustadzah Nur hidayati sebagai ketua Ranting.
Lalu kami menyapakati akan membuat tabligh akabar, pelantikan PAC dan ranting Muslimat NU Sekaligus penutupan KKN kelompok harokah. Dengan mengundang Dr. KH. Mujib Qulyubi sebagai penceramah.
Dalam acara ini di hadiri oleh ketua Muslimat NU Cabang Kabupaten Bogor, PCNU Kabupaten Bogor, kepala desa Pabuaran dan perangkatnya, ketua MUI desa Pabuaran, ketua RT dan RW O4, pengurus ranting NU desa Pabuaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda-pemudi dan ratusan warga desa Pabuaran.

Tabel 4.23
Penanggung Jawab
Irgi Nur Fadil dan Andri Zadmiko
Waktu kegiatan
19:00 – 23:00 WIB
04 September 2019
Tujuan
-Mewadahi ibu-ibu pengajian dengan adanya Muslimat NU desa Pabuaran
-Menyebarkan aqidah Ahlussunah Wal Jamaah Annahdliyah
-Menyatukan semua unsur tokoh-tokoh di desa Pabuaran
Sasaran
-Ibu-Ibu
Hambatan / kendala
-Banyaknya tokoh agama yang kurang setuju dengan hadirnya Nahdlatul Ulama di desa Pabuaran
-Belum memahami Nahdlatul Ulama secara structural
-Menolak Islam Nusantara yang di  gaungkan oleh Nahdlatul Ulama




23.  Waqaf Al-Qur’an

Waqaf merupakan salah satu bentuk sedekah jariyah, yang dimana sedekah yang diperuntukkan untuk kepentingan orang banyak. Kebanyakan orang mewaqofkan sebagian hartanya, karena mengharapkan pahala yang allah janjikan kepada para hambanya yaitu berupa amal pahala yang tidak akan terputus sampai hari kiamat nanti
Oleh karena itu, kami selaku kelompok harokah yang bertempat KKN di desa pabuaran, berinisiatif untuk mewaqofkan harta kami di desa pabuaran.Dimana menurut kami mewaqofkan adalah bagian dari pengabdian kepada masyarakat.Barang yg kami waqofkan di desa pabuaran berupa alqur’an dan alat- alat bersih untuk membersihkan mushola atau masjid.Krena menurut kami ini adalah yang di butuhkan.
Para ustadz dan merbot mushola, berterimakasih kepada kami atas waqof yang telah di berikan kepada mereka.Wajah penuh senyum dan sikap ramah yang mereka tampilkan kepada kami merupakan salah satu ciri bahwa mereka bersimpati atas kedatngan kami di desa mereka.
Untuk kenang – kenangan kami memberikan alqur’an kepada setiap masjid dan mushola yang ada di desa pabuaran dan kami memberikan pula alat kebersihan kepada mushola, yang dimna menurut kami ini sangat di butuhkan. Waqof ini merupakan salah satu program kkn dari kelompok harokah, yang dimana setelah kami selesai KKN, apa yang kami berikan kepada para ustadz dan merbot mushola, ini bermanfaat untuk warga desa pabuaran. Dan kami sangat berterimaka kasih atas sambutan yang begitu hangat dari warga desa terutama para tokoh agama.

Tabel 4.24
Penanggung Jawab
Taupiq Hidayatullah dan prasetiya aji
Waktu kegiatan
Hari Rabu
Pukul 12.00 – 14.00
Tujuan
Mengatasi kekurangan alqur’an pada setiap masjid
Menambah minat baca alquran  untuk jamaah
Mewaqofkan alquran
Sasaran
Masjid
Mushola terdekat
Jumlah pesarta
-
Hambatan / kendala
-


Berikut program dan kegiatan yang terealisasi dengan input, output dan outcome nya oleh Tim Harokah:

Tabel 4.25
No
Jenis Program
Penanggung jawab
Input
Output
Outcome
Aktivitas
Tenaga
Bahan
Biaya
1
Silatuhrahim
Irgi dan Billi
-Mengunjungi masyarakat sekitar

-Menyebar undangan

Mahasiswa
-Surat undangan

-50 warga Desa Pabuaran
-Terjalinnya silaturahim

-Saling kenal
2
Mengajar PAUD dan TK
Anissa dan Irna
-Mengajar

-Bernyanyai

-Menghafal

-Bermain

-Olahraga
-Mahasiswa

-Guru PAUD dan TK
-Spidol

-Buku panduan

-Absensi

-3 PAUD dan 1 TK
-Meringankan beban guru dalam hal tenanga maupun fikiran untuk mengajar

-Siswa mendapatkan strategi dan model yang baru serta lebih menyenangkan
3
Bimbel
Rizka dan Nisa
-Mengajar
-Mahasiswa

-Pemuda/i

-Papan tulis

-Spidol

-Buku panduan

-100 peserta



-Membantu peserta didik memahami pelajaran disekolah

-Membantu peserta didik mengerjakan tugas pekerjaan rumah.
4
TPQ
Fina dan Karini
-Mengajar membaca Al-Quran

-Mengajar hafalan doa-doa harian dan kosa kata bahasa arab

-Mengajar tajwid
-Mahasiswa

- Guru TPQ
-Spidol

-Juz amma
-Al –Quran

-Iqro

-5 majelis TPQ
-Semangat belajar agama bagi peserta didik

-Membantu meringankan beban guru TPQ

-Mendapatkan model dan strategi mengajar bagi guru TPQ
5
Membantu bersih-bersih masjid dan musholah
Bima dan Aji
-Bersih bersih
-Mahasiswa

-Marbot musholah
-Peralatana kebersihan
Rp. 110.000,-

-Pekerjaan marbot masjid menjadi ringan

-Masjid menjadi bersih dan rapi
6
Pengajian rutinan
Yasmine dan Taufiq
-Mengikuti pengajian

-Petugas pengajian

-Mahasiswa

-Masyarakat
-Buku panduan rawi dan tahlil
-108.000,-
- Seluruh majelis per RT dan Majelis desa Pabuaran
-Meningkatkan keimanan
-Mempererat silaturahmi
7
Fastival anak soleh
Nurul dan Anna
-Lomba mewarnai

-Lomba pidato

-Lomba hafalan juz amma

-Lomba azan

-Lomba doa harian
-Mahasiswa

-Bidang keagamaan desa Pabuaran

-Warga desa Pabuaran
-Panggung

-Dekorasi

-Absensi

-Hadiah

-Piala

-262.500,-
-50 peserta

-Pengadaan acara keagamaan perdana bagi desa Pabuaran

-Tumbuhnya nilai keislaman bagi anak
8
Idul Adha
Bambang dan Hakim
-Sholat ied

-Menyembelih 4 ekor kambing

-Membagiakan daging kurban

-Nyate bersama pemuda
-Mahasiswa

-Pemuda desa Pabuaran

-Tokoh agama
masyarakat
-Alat kurban

-Alat memasak
-6.706.000,-
-Seluruh warga desa Pabuaran
-Berbagi suasan bahagia kepada masyarakat
9
Memperingati hari kemerdekaan
Rizka, Anisa dan Hakim
-Membuat gapura

-Pemasangan bendera

-Upacara

-Lomba

-Pembagian hadiah
-Mahasiswa
-Masyrakat

-Pemuda
-Alat-alat gapura

-Alat-alat perlombaan

-Hadiah

-Piala
-
-Seluruh warga desa Pabuaran
-Menghargai dan menghormati jasa-jasa para Pahlawan

-Menumbuhkan rasa cinta terhadap tanah air

-Mempererat hubungan antar warga
10
Gerakan peduli sungai dan lingkungan bersih
Andri, Aji dan Bambang
-Membersihkan sungai

-Membersihkan daerah sekitar sungai

-Membersihkan posko
-Mahasiswa laki-laki

-Masyrakat

-Pemuda
- Alat kebersihan

-35 orang
-Lingkungan dan sungai menjadi bersih.
11
Sosialisasi pernikahan
Andri dan Gufron
-Seminar pernikahan

-Mahasiswa

-Pemuda

-Tokoh masyarakat

-Tokoh agama

-Bidan desa
-Benner

-Proyektor

-Konsumsi
-400.000,-
25 orang
-Masyarakat paham tentang administrasi, syarat, rukun, kesehatan, dll dari pernikahan.
12
Senam sehat
Husnul dan Karini
-Senam
-Mahasiswa

- Anak-anak warga desa pabuaran
-Musik

-Speker

20 orang
-Anak-anak mengetahui hidup sehat

-Mempererat hubungan tim harokah dengan anak-anak
13
Seminar pendidikan
Husnul dan Nisa
-Seminar disekolah

-Seminar dipengajian
-Mahasiswa

-Ibu-ibu pengejian desa Pabuaran
-Peserta didik SDN 01 Desa Pabuaran
-Konsumsi

-Benner


606.000,-
- 135 ibu-ibi pengajian

- 400 peserta didik
- Anak-anak termotivasi agar melanjutkan sekolah ke janjang yang lebih tinggi

-Ibu-ibu mengerti tentang pentingnya pendidikan.
14
Kerajianan tangan
Nurul dan Irna
Irgi
-Materi tentang menabung

-Membuat celengan dari barang bekas

-Pembuatan sablon
-Mahasiswa

-Anak-anak

-Pemuda pemudi
-Kardus bekas

-Lem dan gunting

-Koran

-Alat-alat sablon
377.000,-
- 35 anak-anak
- 15 pemuda

-Penggunaan bahan bekas agar dapat dimanfaatkan

-Menciptakan lapangan pekerjaan.
15
Posyandu
Rizka dan Anisa
-Pemberian vitamin A kepada BATITA

-Menimbang berat badan

-Mengukur tinggi
-Mahasiswa

-Bidan desa

-Ibu PKK
-Timbangan

-Meteran

-Vitamin

-100 anak
-Pihak kesehatan terbantu

-Mahasiswa mendapatkan pengalaman dari posyandu
16
Seminar ke NU an
Irgi dan Bili
-Seminar

-Pengajian
-Mahasiswa

-Bapak-bapak pengajian
-Konsumsi

-Sound system
500.000,-
-Bapak-bapak pengajian
-Terjalinnya silaturahmi

-Menambah pengetahuan tentang ke NUan
17
Calistung

Hunsul dan Yasmin
-Belajar

-Membaca
-Menulis
-Berhitung
-Mahasiswa
-Anak usia 4-6 tahun
-Buku calistung
346.000,-
-Anak-anak desa pabuaran
-Membantu anak-anak usia dini untuk mengenal huruf dan angka

18
Perpustakaan
Husnul dan Fina
-Membaca
-Mahasiswa
-Warga desaa Pabuaran
-800 buku

-Rak buku

-Stiker buku
380.000,-
-Seluruh warga desa Pabuaran
-Meningkatkan minat membaca anak-anak maupun warga sekitar

19
Kreasi seni
Nurul dan Nisa
-Nari

-Sholawat

-Hafalan

-Nasyid
-Mahasiswa

-Anak-anak desa Pabuaran
-Speker

-Costum

-Make up

-Anak-anak
-Menumbuhkan jiwa kesenian pada anak-anak
20
Pagar nusa
Irgi
-Silat
-Mahasiswa

-Anak-anak
-Costum

-Anak-anak
-Menumbuhkan jiwa kesenian pada anak-anak

-Mempertahankan budaya nusantara

-Melindungi diri
21
Tabligh akbar
Irgi dan Andri
-Pentas seni

-Ceramah

-Pelantikan ranting muslimat NU

-Penutupan KKN harokah
-Mahasiswa

-Seluruh warga desa pabuaran

-Ketua muslimat NU Kec.  Kemang

- Perwakilan dosen dari UNUSIA
-Panggung

-Tenda

-Sound system

-Kursi

-Konsumsi
Rp. 4.292.000,-
-Seluruh warga desa pabuaran
-Menyatukan semua unsur tokoh-tokoh desa pabuaran

-Menyebarkan aqidah ahlusunnah wal jamaah

22
Waqof Al-Quran
Taufiq dan Aji
-Memberikah Al-quran ke majelis-majelis
-Mahasiswa UNUSIA
- Al-quran

-Juz amma

-5 majelis
-Mengatasi kekurangan al-quran pada majelis


Berikut program dan kegiatan yang tidak terealisasi dengan alasannya:

Tabel 4.26
No
Program
Alasan tidak terealisasi
1
Membantu pengadaan surat nikah dan akte kelahiran (Isbat Nikah)
Tidak cukupnya waktu untuk melakukan program ini
2
Pengadaan organisasi karang taruna desa Pabuaran
Desa Pabuaran sudah memiliki karang taruna, hanya saja tidak memiliki kegiatan (pasif) sehingga Tim KKN Harokah hanya berusaha mengikutsertakan karang taruna dalam kegiatan program sehingga karang taruna yang sudah ada menjadi aktif
3
Mengadakan sosialisasi mengenai kesehatan
Pihak kesehatan memiliki jadwal yang penuh, sehingga sosialisasi kesehatan dialihkan dalam program sosialisasi pernikahan dini yang memuat tentang kesehatan dalam pernikahan.
4
Mengadakan pelatihan benih dan pakan ikan
Adanya pihak tertentu yang sudah membuat pelatihan ini sebelum KKN dimulai, namun kegiatan tersebut diadakan setelah tim KKN Harokah telah melakukan observasi.


BAB V
KESIMPULAN DAN HASIL REKOMENDASI
Berdasarkan hasil kegiatan, pengamatan maupun pelaksanaan program kerja KKN yang telah direncanakan, disusun, dan dilaksanakan. Maka kelompok Harokah KKN UNUSIA Jakarta 2019 di Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang mengambil beberapa kesimpulan, saran serta rekomendasi:

A.    Kesimpulan
Kami menyadari suatu keberhasilan tidak akan lepas dari kerjasama tim di dalam kelompok maka kami membuat susunan / pembagian tugas agar tujuan kami terlaksana dengan baik , ada yang bekerja sama dengan aparatur pemerintah  , dengan tokoh tokoh masyarakat serta dengan warga setempat , sehingga program program kerja yang kami buat dapat di dukung dan berjalan dengan lancar.
Pada Program program kerja yang kami buat secara keseluruhan berlangsung dengan baik namun ada sedikit kendala karena kurangnya kesadaran serta dukungan masyarakat setempat yang masih memiliki sifat tipiologi yang cenderung apatis dan nepotisme , sehingga kami peserta KKN kelompok Harokah sangat ekstra baik dalam berfikir ( di dalam rapat antara peserta KKN ) maupun berbuat untuk masyarakat setempat di dalam mensukseskan acara KKN di Desa Pabuaran.
Sehingga segala program yang kami buat , dapat memberikan dampak positif  serta kesadaran bagi  warga setempat baik secara langsung maupun tidak langsung serta dapat menjalin tali silatuhrahmi  antara warga setempat dengan amaliyah warga UN.
Di dalam Pendidikan , khususnya di tingkat PAUD  di Desa Pabuaran sudah berjalan baik , karena banyaknya pendidikan lembaga tersebut  , Namun pada tingkat SLTP di Desa Pabuaran terdapat hanya satu sekolahan dan kondisinya pun kurang kondusif karena Tenaga Pendidik tidak sebanding dengan peserta didik, begitu juga dengan kelas / ruangannya. Dan pada tingkat SLTA belum ada sama sekali sekolah tingkat tersebut , Sehingga banyaknya peserta didik yang melanjutkan sekolahnya ke luar desa Pabuaran.
Itu Semuanya terjadi karena Pemerintah Desa yang kurang responsive terhadap kegiatan dan lingkungan masyarakat, banyaknya nepotisme dalam penyusunan pemerintah desa sehingga banyak masyarakat yang kurang peduli dengan program desa.

B.     Saran / rekomendasi
Dikarenakan sangat pentingnya kegiatan pengetahuan dan keterampilan tentang keaktifan dalam kegiatan bermasyarakat yang manfaatnya begitu besar yang dapat merubah keadaan baik dalam bidang ekonomi, pendidikan, sosial , serta budaya.
Maka kami menyadari  ( para peserta KKN ) tentang keadaan masyarakat khususnya di desa pabuaran tentang kerukunan antara warga setempat serta kurangnya kesadaran warga  akan kepedulian hidup bermasyarakat sehingga para peserta KKN perlunya usaha yang sangat ekstra di dalam menambah pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat khususnya di desa pabuaran sehingga  apa yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya  baik melakukan survey kepada warga dengan sebaik-baiknya serta mendapatkan informasi tentang lingkungan dan masyarakat setempat dengan sebanyak-banyaknya, sehingga kami dapat merancang program yang tepat untuk diberikan kepada warga dalam memajukan keadaan yang lebih baik dari sebelumnya.
Karena tujuan dan sasaran dirancang dengan sebaik-baiknya yang sesuai dengan permasalahan warga yang sudah ada, sehingga tujuan dan sasaran program tersebut dapat memberikan jalan keluar yang tepat kepada warga atau permasalahan tersebut.
Maka ketika ada kegiatan pembekalan dari LPM kita harus bersungguh-sungguh di dalam memperhatikan tahapan-tahapan sehingga kita mendapatkan informasi sebaik-baiknya dari  LPM  agar waktu yang diberikan sebelum penerjunan dapat digunakan untuk persiapan terjun secara langsung ke masyarakat, serta mempersiapkan diri semaksimal mungkin, baik pengetahuan,  keterampilan, mental, dapat menempatkan diri sesuai dengan kondisi dimana ia tinggal, memiliki pengetahuan agama yang praktis, memiliki kepribadian yang terbuka dan sopan dalam menerima kritik dan saran dari masyarakat untuk memudahkan kami berbaur dan memahami karakter masyakat setempat, sehingga kami para peserta KKN menaati norma norma yang ada di masyarakat baik yang tertulis maupun yang tidak tertulis.



[1] Kantor kepala desa (2019), Profil desa Pabuaran : Kecamatan Kemang, Kabupaten. Bogor.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Ushul Fiqh: pengertian amar dan nahi

Pengertian Dharuriyyat, Hajiyyat dan Tahsiniyyat

PRE TEST dan POST TEST PELATIHAN KADER LANJUT PMII