Laporan KKN Kelompok Harokah 2020 UNUSIA Jakarta
LAPORAN KULIAH KERJA NYATA
PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DI DESA PABUARAN KECAMATAN KEMANG
KABUPATEN BOGOR
JAWA BARAT
OPTIMALISASI POTENSI DESA GUNA MENINGKATKAN
SUMBER
DAYA
MANUSIA SERTA KUALITAS MUSLIM SEJAHTERA
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS NAHDLATUL ULAMA
INDONESIA
JAKARTA
2019
LEMBAR PERSETUJUAN
LAPORAN
KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN
PEMBERDAYAAN MASYARAKAT
DI DESA PABUARAN KECAMATAN KEMANG
KABUPATEN BOGOR
JAWA BARAT
Hormat Kami,
No
|
NAMA
|
NIM
|
PRODI
|
FAKULTAS
|
1
|
Ana Mar'atul M
|
16130049
|
PAI
|
Agama Islam
|
2
|
Andri Jadmiko
|
|
AS
|
Agama Islam
|
3
|
Annisa Fitri
|
16130090
|
PAI
|
Agama Islam
|
4
|
Bambang Sutomo
|
16130036
|
PAI
|
Agama Islam
|
5
|
Bima Dwi Laksono
|
16130042
|
PAI
|
Agama Islam
|
6
|
Fina Fatikhatus Saadah
|
16130047
|
PAI
|
Agama Islam
|
7
|
Husnul Khotimah
|
16130039
|
PAI
|
Agama Islam
|
8
|
Irgi Nur Fadil
|
16130044
|
PAI
|
Agama Islam
|
9
|
Irna Rizkiah
|
16130092
|
PAI
|
Agama Islam
|
10
|
Karini Sofiani
|
16130038
|
PAI
|
Agama Islam
|
11
|
Khoerun Nisa
|
16130053
|
PAI
|
Agama Islam
|
12
|
M. Gufron Hanafi
|
16150029
|
AS
|
Agama Islam
|
13
|
Muhammad Hakim Saputra
|
16130045
|
PAI
|
Agama Islam
|
14
|
Muhammad Hambali
|
16130037
|
PAI
|
Agama Islam
|
15
|
Nurul Komariyah
|
16130034
|
PAI
|
Agama Islam
|
16
|
Prasetiya Aji Pangestu
|
16130043
|
PAI
|
Agama Islam
|
17
|
Rizka Silvia
|
16130046
|
PAI
|
Agama Islam
|
18
|
Taupiq Hidayatullah
|
16130212
|
PAI
|
Agama Islam
|
19
|
Yasmine Mawadaht
|
16130050
|
PAI
|
Agama Islam
|
Jakarta, 15
September 2019
Mengetahui,
Koordinator Kelompok KKN-PPM Dosen
Pembimbing Lapangan
Irgi Nur Fadhil Arif Rahman M.Pd NIM. 16130044 NIP.
198206022009011005
LEMBAR PENGESAHAN
LAPORAN
KULIAH KERJA NYATA PEMBELAJARAN PEMBERDAYAAN
MASYARAKAT
DI DESA
PABUARAN KECAMATAN KEMANG KABUPATEN BOGOR
JAWA
BARAT
OPTIMALISASI POTENSI DESA GUNA
MENINGKATKAN SUMBER
DAYA MANUSIA SERTA KUALITAS MUSLIM SEJAHTERA
Disusun
oleh:
ANA
MAR'ATUL M
|
ANDRI
JADMIKO
|
ANNISA
FITRI
|
BAMBANG
SUTOMO
|
BIMA
DWI LAKSONO
|
FINA
FATIKHATUS S
|
HUSNUL
KHOTIMAH
|
IRGI
NUR FADIL
|
IRNA
RIZKIAH
|
KARINI
SOFIANI
|
KHOERUN
NISA
|
M.
GUFRON HANAFI
|
MUHAMMAD
HAKIM S
|
MUHAMMAD
HAMBALI
|
NURUL
KOMARIYAH
|
PRASETIYA
AJI P
|
RIZKA
SILVIA
|
TAUPIQ
HIDAYATULLAH
|
YASMINE
MAWADAHT
|
Telah
Disetujui dan Disahkan,
Jakarta,
30 Oktober 2019
Lurah Dosen
Pembimbing Lapangan
Zaenal Abidin Arif
Rahman M.Pd
NIP. NIP.
198206022009011005
Mengetahui,
Kepala
LPPM UNUSIA
Muhammad
Nurul Huda, M.Si
NIDN.
KATA PENGANTAR
Puji
syukur kehadirat Allah SWT karena atas rahmat dan karunia-Nya sehingga kegiatan
Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran
Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ini hingga penyusunan laporan kegiatan Kuliah
Kerja Nyata Pembelajaran
Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) dapat diselesaikan dengan baik dan tepat pada
waktu yang telah ditentukan.
Dalam kesempatan ini kami mengucapkan
terimakasih kepada pihak-pihak yang telah banyak membantu dalam pelaksanaan dan
penyusunan laporan kegiatan Kuliah Kerja
Nyata Pembelajaran Pemberdayaan
Masyarakat (KKN-PPM) diantaranya:
1. Prof. Dr. H. Maksoem Machfudz, M.Sc selaku Rektor Universitas
Nahdlatul Ulama Indonesia Jakarta.
2. Bapak Muhammad Nurul Huda, M. Si selaku Ketua LPPM UNUSIA Jakarta.
3. Bapak Anggun Pastika Sandi, S. Pd, M. Pd selaku Sekretaris LPPM
UNUSIA Jakarta.
4. Bapak Dede Setiawan, M. Pd selaku Dekan Fakultas Agama Islam UNUSIA
Jakarta.
5. Bapak Saiful Bahri, MA selaku Kaprodi Pendidikan Agama Islam UNUSIA
Jakarta.
6. Bapak Hayaturrahman, M. Si selaku Kaprodi Ahwalu Syahsiah UNUSIA
Jakarta.
7. Bapak Arif Rahman M.Pd selaku Dosen Pembimbing Lapangan KKN kelompok
harokah.
8. Bapak Zaenal Abidin, selaku kepala desa Pabuaran kec. Kemang kab.
Bogor beserta staf yang telah mendukung semua program yang dijalankan.
9. Masyarakat desa Pabuaran kec. Kemang kab. Bogor yang juga ikut
berpartisipasi dalam pelaksanaan KKN-PPM.
10. Serta semua pihak yang telah membantu dalam mempersiapkan,
melaksanakan, dan menyelesaikan Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) hingga
tersusunnya laporan ini.
Laporan
Kuliah Kerja Nyata Pembelajaran
Pemberdayaan Masyarakat (KKN-PPM) ini, kami susun dengan tujuan melaporkan
hasil KKN-PPM di desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat yang
telah kami jalankan selama 38 hari yaitu, mulai tanggl 29 Juli hingga 4
September 2019 dengan jumlah peserta 19 orang mahasiswa Universitas Nahdlatul
Ulama Indonesia.
Selama KKN-PPM, kami menyelesaikan 24 program
kelompok harokah dan berhasil membentuk
Pengurus Ranting Muslimat NU desa Pabuaran, membuat perpustakaan dengan banyak
buku kurang lebih 800 buku yang diberi nama perpustakaan Nahdlatul Ulama,
mengadakan bimbingan belajar riyadul muta’alimin, dan membuat buku calistung.
Seluruh program kami laksanakan dengan
menggunakan dana sebanyak Rp 22.011.000,00.-
(dua puluh dua juta sebelas ribu rupiah) yang didapat dari hasil
iuran per orang maupun hasil proposal permohonan dana ke berbagai lembaga
terkait.
Dalam penyusunan laporan, kami menyadari
masih banyak kekurangan baik dari segi susunan serta cara penulisan laporan
ini, karenanya saran dan kritik yang sifatnya membangun demi kesempurnaan
laporan ini sangat kami harapkan.
Semoga laporan ini bermanfaat bagi para
pembaca pada umumnya dan juga bermanfaat bagi penyusun pada khususnya.
Jakarta,
15 September 2019
Penulis
DAFTAR
ISI
LEMBAR PERSETUJUAN................................................................................................ i
PENGESAHAN................................................................................................................... ii
KATA PENGANTAR....................................................................................................... iii
DAFTAR ISI........................................................................................................................ v
DAFTAR TABEL.............................................................................................................. vi
BAB I
LATAR BELAKANG.......................................................................................................... 1
BAB II
KONDISI GEOGRAFIS...................................................................................................... 3
BAB III
DESAIN DAN PROGRAM KKN....................................................................................... 6
BAB IV
DESKRIPSI PELAKSANAAN / REALISASI
PROGRAM KERJA.............................. 11
BAB V
PENUTUP........................................................................................................................... 36
LAMPIRAN
LOG-BOOK INDIVIDU.................................................................................................... 38
SURAT MENYURAT........................................................................................................ 39
CONTACT PERSON.......................................................................................................... 40
DOKUMENTASI FOTO.................................................................................................... 41
LAPORAN BENDAHARA............................................................................................... 42
Daftar Tabel
TABEL 2.1 Pendidikan dan kesehatan
masyrakat..................................................................
TABEL 2.2 Tingkat pendidikan
masyarakat...........................................................................
TABEL 4.1 Silaturahim dan
pembukaan KKN-PPM..............................................................
TABEL 4.2 Pengajian rutinan..................................................................................................
TABEL 4.3 KBM PAUD dan TK...........................................................................................
TABEL 4.4 KBM TPQ............................................................................................................
TABEL 4.5 Senam Sehat.........................................................................................................
TABEL 4.6 Calistung..............................................................................................................
TABEL 4.7 Bimbel................................................................................................................ 7
TABEL 4.8 Bersih-bersih Mushola........................................................................................ 7
TABEL 4.9 Idhul Adha......................................................................................................... 7
TABEL 4.10 Posyandu.......................................................................................................... 8
TABEL 4.11 Festival Anak Sholeh....................................................................................... 8
TABEL 4.12 HUT RI............................................................................................................ 8
TABEL 4.13 Seminar Pendidikan......................................................................................... 8
TABEL 4.14 Sosialisasi pernikahan
dini................................................................................ 9
TABEL 4.15 Seminar ke-NU an............................................................................................ 9
TABEL 4.16 1 Muharam 1441 H.......................................................................................... 9
TABEL 4.17 Kerajinan tangan
celengan............................................................................... 9
TABEL 4.18 Kerajinan tangan sablon................................................................................... 9
TABEL 4.19 Perpustakaan NU........................................................................................... 10
TABEL 4.20 Peduli Sungai dan
Ligkungan Bersih............................................................. 10
TABEL 4.21 Pagar Nusa..................................................................................................... 10
TABEL 4.22 Kreasi Seni..................................................................................................... 10
TABEL 4.23 Tabligh Akbar &
Pelantikan Muslimat NU.................................................... 11
TABEL 4.24 Waqaf Al-Qur’an........................................................................................... 12
TABEL 4.25 Input, Output, Outcome
realisasi program..................................................... 13
TABEL 4.26 Program yang tidak
terealisasi........................................................................ 14
BAB
I
PENDAHULUAN
1. LATAR
BELAKANG
Pendidikan pada
dasarnya merupakan proses pendewasaan dan kemandirian manusia secara sistematis
agar siap menjalani kehidupan secara bertanggung jawab. Menjalani kehidupan
secara bertanggung jawab berarti berani mananggung segala konsekuensi yang
ditimbulkan.
Mahasiswa sebagai kelompok yang
mempunyai peran terhadap perubahan yang lebih signifikan dan progresif, dalam
upaya menciptakan masyarakat yang sejahtera, adil dan makmur, dengan kekuatan
wacana intellectual yang disertai dengan kegiatan yang nyata. Selama sejarah
bangsa berlangsung dapat membuktikan peran mahasiswa yang sangat strategis
yaitu sebagai agent of change dan agent of control social. Mahasiswa tetap
berada digaris terdepan dengan peran multi dimensi dan komprehenshif yang bisa
dilakukan.
Sikap
kritis mahasiswa dengan kekuatan intelektualnya mampu membangun gerbang
perubahan bangsa yang cenderung stagnansi. Kenyataan tersebut merupakan bukti
bahwa mahasiswa tidak bisa hidup sebagai komunitas elite di menara gading,
karena mahasiswa dalam mencapai cita-cita idealnya memiliki peran yang integral
dan signifikan di tengah-tengah masyarakat, sehingga kehidupan mahasiswa tidak
bisa dipisahkan dari kehidupan bermasyarakat.
Untuk mempraktekkan ilmu dan
menerapkan hasil penelitian yang dilakukan oleh civitas akademika, maka
diperlukan media yang mendukung. Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan salah satu
ptrogram Universitas Nahdlatul Ulama Indonesia sebagai media yang efektif dan
edukatif karena berfungsi sebagai wahana penerapan diluar kampus dalam waktu,
mekanisme kerja dan persyaratan tertentu. KKN juga merupakan salah satu
implementasi dari Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu pengabdian mahasiswa
terhadap masyarakat untuk menjamin keterkaitan antara dunia akademik teoritik
dan dunia empirik praktis, yang mana akan terjadi interaksi sinergis, saling
menerima dan memberi, saling asah, asih dan asuh antara mahasiswa dengan
masyarakat.
Pelaksanaan KKN dilaksanakan
atas dasar undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem
pendidikan nasional pada pasal 20 ayat 2 dinyatakan bahwa: “Perguruan tinggi
berkewajiban menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian
masyarakat”. Karena hal tersebut, Universitas Nahdlatul Ulama mewajibkan
bagi setiap mahasiswa S1 untuk mengikuti
KKN untuk mengembangkan kemampuan berkehidupan masyarakat sesuai dengan
kompetensi program studi masing-masing.
2. TUJUAN
KKN-PPM
a. Menghasilkan sarjana sebagai pelaksana aktif pembangunan daerah
pedesaan yang sangat komplek.
b. Meningkatkan
empati dan kepedulian mahasiswa terhadap lingkungan dan masyarakat.
c. Meningkatkan
kerjasama antar mahasiswa dan antar universitas dengan masyarakat.
d. Membantu
pemerintah dalam mempercepat proses akselerasi pembangunan, khususnya dalam
pemberdayaan masyarakat di daerah tertinggal dan mempersiapkan kader-kader
pembangunan guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
e. Menciptakan kultur di masyarakat
yang mandiri serta aktif, kreatif, dan peduli antar sesama.
3. MANFAAT
KKN-PPM
a.
Memperoleh bantuan pemikiran
dan ilmu pengetahuan dalam merencanakan dan melaksanakan pembangunan.
b.
Memperoleh cara-cara baru yang
dibutuhkan untuk merencanakan, merumuskan,
dan melaksanakan pembangunan.
c. Melalui pengalaman bekerja
secara langsung dan nyata akan lebih menumbuhkan sifat profesionalisme dan
kepedulian social dalam diri mahasiswa.
d. Memperdalam pengertian dan
penghayatan mahasiswa tentang kemanfaatan ilmu, teknologi dan seni yang
dipelajari bagi pemberdayaan dan pembangunan masyarakat.
e. Memperdalam pengertian dan
penghayatan mahasiswa terhadap kesulitan yang dihadapi oleh masyarakat dalam
melaksanakan pembangunan.
f.
Terbentuknya kader-kader
penerus pembangunan di dalam masyarakat sehingga
terjamin kelanjutan upaya pembangunan.
g.
Memajukan institusi.
h.
Terbentuknya link and
match antara dunia pendidikan tinggi dengan masyarakat sebagai
stakeholder.
BAB II
GAMBARAN UMUM LOKASI KKN-PPM
Tim Harokah
KKN-PPM UNUSIA Jakarta 2019 melakukan observasi terhadap desa Pabuaran Kec.
Kemang Kab. Bogor Jawa Barat sebagai tempat KKN-PPM, hasil observasi didapat
dari data sekretariat desa Pabuaran, berikut pemaparan datanya:
1. KONDISI
GEOGRAFIS
Desa
Pabuaran merupakan sebuah desa yang terletak di kabupaten Bogor bagian barat
kecamatan Semplak yang berbatasan langsung dengan kecamatan Rancabangur. Kepala
desa Pabuaran saat ini, Bapak Zaenal Abidin selaku kepala desa pengganti beliau
menjabat selama masa Juli s/d November
2019, karena sebelumnya desa Pabuaran di pimpin oleh Ibu Ayoh Yohana dalam masa
pemerintahan 2014 – 2019.
2. KONDISI
DEMOGRAFIS
Jumlah penduduk Desa Pabuaran sampai akhir
bulan April Tahun 2019, tercatat sebanyak 11.901jiwa, terdiri dari Laki-laki 6.266 Jiwa dan
Perempuan 5.635 Jiwa.
Desa
pabuaran memiliki jumlah wilayah 3,780,000Ha.Desa Pabuaran terdiri dari sawah
yang luasnya sekitar 1,430.000 Ha, ladang 570,000 Ha dan pemukiman yang luas
1,240.000 Ha.Desa pabuaran memiliki dari 9 Rukun Warga (Rw) dan 34 Rukun
Tetangga (RT).
Pabuaran
terkenal dengan julukan desa Gurame, karena memiliki perternakan ikan gurame
yang sangat terkenal, karena 85% penduduk Desa Pabuaran sebagai perternak ikan.
Selain perikanan penduduk desa Pabuaran juga sebagai Pedagang dan Petani. 90%
Mayarakat Desa Pabuaran beragama islam, sehingga terdapat empat pesantren
terdiri dari, Pondok Pesantren Tahfidz Al-Hikmah, Pondok Pesantren Surau Patih,
Pondok pesantren Ibnu Sa’di Darussa’adah, Pondok Pesantren Tajul Allawiyyin.
Desa
Pabuaran memiliki 4 PAUD , (Paud Riyadul Muta’alimin, Tunas melati, Paud Harapan
Bunda, Paud Riyadul Sholihin), dan ada dua Taman Kanak-kanak (TK),TigaSekolah
Dasar (SD) terdiri dari SDN 01 Pabuaran, SDN 02 Pabuaran dan SDN 03 Pabuaran, dan terdapat satu Sekolah
Menengah Pertama(SMP) SMP Situ Bakti Mulia.
Di desa
pabuaran terdapat 1 puskesmas pembantu yang terletak di Jalan Raya Pabuaran,
sebelah kiri kantor desa Pabuaran. [1]
Tabel 2. 1
Pendidikan dan Kesehatan
|
||||||||||
a. Rasio Murid dan Guru
|
||||||||||
Kategori
|
Tingkatan/Jenis Sekolah
|
Jumlah Pengajar
|
JumlahSiswa
|
Rasio
|
||||||
Sekolah Formal
|
SD
|
20
|
400
|
20
|
||||||
|
SMA
|
0
|
0
|
0
|
||||||
|
SMP
|
0
|
0
|
0
|
||||||
|
TK
|
4
|
40
|
10
|
||||||
Sekolah Islam
|
Ponpes
|
4
|
180
|
45
|
||||||
Jumlah Total
|
28
|
620
|
|
|||||||
b. Sarana Kesehatan
|
||||||||||
Jenis Sarana Kesehatan
|
|
|
|
Jumlah (Unit/Orang}
|
||||||
Dukun Bersalin Terlatih
|
|
|
|
10
|
||||||
Bidan
|
|
|
|
1
|
||||||
Perawat
|
|
|
|
1
|
||||||
Tabel 2.2
Tingkat Pendidikan Masyarakat
|
|||
Tingkatan Pendidikan
|
Laki-Laki (orang)
|
Perempuan (orang)
|
Jumlah (Orang)
|
Tamat SD/sederajat
|
2.686
|
2.7
|
5.386
|
Tamat SMP/sederajat
|
1.06
|
857
|
1.917
|
Tamat SMA/sederajat
|
934
|
538
|
1.472
|
Tamat D-1/sederajat
|
3
|
7
|
10
|
Tamat D-2/sederajat
|
13
|
18
|
31
|
Tamat D-3/sederajat
|
2
|
3
|
5
|
Tamat S-1/sederajat
|
36
|
22
|
58
|
Tamat S-2/sederajat
|
12
|
6
|
18
|
Jumlah Total (Orang)
|
4.746
|
4.151
|
8.897
|
BAB III
DISAIN
PROGRAM KKN-PPM
Dalam pelaksanaan KKN-PPM UNUSIA, kami selaku
kelompok KKN–PPM Tim Harokah mengadakan program yang berkesesuaian dengan
kondisi geografis maupun demografis di Desa Pabuaran Kecamatan Kemang Kabupaten
Bogor Jawa Barat sebagai berikut:
1. Mengadakan silaturahmi ke majelis,
lembaga pendidikan, dan tokoh masyarakat
2. Ikut serta dalam KBM atau kegiatan
belajar mengajar di sekolah (PAUD, MI/SD, MTs/SMP, MAN/SMA/SMK).
3. Mengadakan BIMBEL atau bimbingan
belajar bertujuan untuk mengatasi kesulitan dalam belajar siswa/i desa
Pabuaran.
4. Ikut serta dalam KBM atau kegiatan
belajar mengajar di TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an).
5. Membantu bersih-bersih
Masjid/Musholla
6. Mengikuti pengajian rutin mingguan
warga desa Pabuaran.
7. Membuat acara berupa Festival Anak
Soleh (FAS).
8. Membantu warga dalam melaksanakan
rangkaian idul adha.
9. Mengadakan kegiatan untuk
memeriahkan HUT RI ke-74 tahun.
10. Mengadakan kegiatan perduli sungai
dan lingkungan bersih desa.
11. Membantu pengadaan surat nikah dan
akte kelahiran seluruh warga (Isbat Nikah).
12. Mengadakan sosialisasi tentang
pernikahan.
13. Mengadakan senam sehat ibu-ibu
setiap seminggu sekali.
14. Mengadakan seminar pentingnya
pendidikan.
15. Pengadaan organisasi karang taruna
desa Pabuaran.
16. Pengadaan kerajinan tangan untuk
kegiatan usaha ibu-ibu desa Pabuaran.
17. Ikut serta dalam kegiatan Posyandu
18. Mengadakan seminar ke-NU-an kepada
remaja-remaja desa Pabuaran.
19. Mengadakan calistung (baca, tulis,
hitung) untuk anak usia dini.
20. Mengadakan perpustakaan mini
21. Mengadakan sosialisasi mengenai
kesehatan
22. Membuat kerajinan tangan berupa
celengan bersama anak-anak dan remaja desa Pabuaran guna mengetahui pentingnya menabung.
23. Mengadakan Pelatihan benih dan
pa
BAB
IV
DESKRIPSI
PELAKSANAAN KKN-PPM
Dengan memperhatikan kondisi serta sarana
prasarana pendukung, maka dari sekian banyak program kerja yang telah disusun
oleh Tim Harokah sebagian besar dapat dilaksanakan dengan baik walaupun masih
jauh dari sempurna. Berikut Laporan lengkap tentang pelaksanaan program kerja
tim KKN UNUSIA Jakarta kelompok harokah di Kampung Keramat Desa Pabuaran
Kecamatan Kemang Kabupaten Bogor Jawa Barat:
1. Silaturahmi kepada masyarakat sekaligus
pembukaan KKN-PPM
Untuk mempermudah dalam pelaksanaan
kuliah kerja nyata (KKN) kelompok Harokah UNUSIA Jakarta, kami perlu mengenal
tokoh masyarakat desa Pabuaran dan warga sekitar posko KKN. Silaturahim ini
kami mulai dari tanggal 29 – 31 Juli 2019 sekaligus mengundang masyarakat untuk
hadir dalam pembukaan KKN yang adakan pada 01 Agustus 2019 di balai desa
Pabuaran.
Dalam kesempatan silaturahim, tokoh
masyarakat menyambut dengan baik. sehingga kelompok Harokah mendapatkan lebih
banyak informasi terkait masyarakat di desa Pabuaran. Ada beberapa Desain
program hasil observasi pertama yang kami ubah menyesuaikan data terbaru.
Kamis
01 Agustus 2019, Acara Pembukaan KKN ini terlaksana di aula kantor desa Pabuaran,
dengan mengangkat tema “Bersatu Kita Kompak, Berguna Bagi Masyarakat” kelompok
harokah ini di hadiri Arif Rahman M.Pd selaku dosen pembimbing lapangan
kelompok harokah, seluruh perangkat desa pabuaran, Evi diana wati M,Ag selaku
perwakilan dari KUA,18 Mahasiswa Universitas Nahdatul Ulama Indonesia Jakarta
dan 27 tokoh masyarakat desa Pabuaran (absensi terlampir).
Pembukaan
ini sekaligus menyampaikan program yang telah disusun oleh kelompok harokah
selama kurang lebih satu bulan dan meminta kerja sama kepada seluruh warga desa
Pabuaran untuk merealisasikan program-program tersebut.
Tabel 4.1
Penanggung
Jawab
|
Irgi
Nur Fadil & Muhammad Hambali
|
Waktu
kegiatan
|
29
– 31 Juli 2019 (Silatuhrami)
09:00
– 11:00 WIB
01
Agustus 2019
|
Tujuan
|
-Mengenalkan kelompok harokah kepada Tokoh masyarakat dan warga
sekitar
-Menyusuaikan program yang relevas sesuai dengan permasalahan
kampung di desa Pabuaran
-Menyampaikan Program KKN kelompok Harokah.
|
Sasaran
|
-Tokoh
agama
-Tokoh
masyarakat
-Pemuda/I
desa Pabuaran
-Warga
Desa Pabuaran
|
Hambatan
/ kendala
|
-Waktu
yang tidak sesuai dengan yang direncanakan
-UNUSIA
di kenal sebagai pendukung salah satu paslon pilpres
|
2. Mengikuti pengajian rutinan warga
desa Pabuaran
Pengajian rutin adalah kegiatan agamis para
warga desa Pabuaran, hampir setiap RT mempunyai jadwal pengajian majelis
masing-masing baik ibu-ibu maupun bapak-bapak. Ada pula pengajian desa yang diadakan
sebulan sekali dengan dihadiri seluruh majelis per- RT di desa Pabuaran.
Karena hal tersebut kelompok Harokah
menjadikan pengajian rutinan sebagai salah satu kegiatan harian untuk membangun
kekompakan atas majelis satu dengan yang lainnya dan menyambung ukhuwah Islamiyah
antar masyarakat. Setiap pengajian kelompok Harokah selalu diberikan kesempatan
untuk menyampaikan program yang akan dilaksanakan guna mengajak masyarakat
untuk berpartisipasi dalam program-program tersebut.
Pengajian merupakan salah satu amaliyah Nahdlatul
Ulama, masyarakat mengetahui bahwa kelompok Harokah merupakan mahasiswa dari
Nahdlatul Ulama sehingga tidak jarang masyarakat meminta kelompok Harokah untuk
menjadi petugas dalam pengajian rutinan baik membaca sholawat, rawi, yasin
maupun tahlil sebagai bentuk kepercayaan masyarakat terhadap masiswa
Universitas Nahdhatul Ulama.
Tabel 4.2
Penanggung Jawab
|
Yasmine Mawadaht ( Pengajian Ibu-ibu)
Taufiq Hidayatullah ( Pengajian Bapak-bapak)
|
Waktu kegiatan pengajian rutin Ibu-ibu
|
Hari senin : Majelis Al-Huda di Pulo.
( Pukul : 07.00-09.00 )
Hari selasa : Majelis Riyadul Mut’taalimin
( Pukul : 07.00-09.00 )
Hari Kamis : Masjid Al-Ihsan di Kp. Kiara
( Pukul : 08.00-10.00 )
Hari Jum’at : Masjid Al-Ikhlas
( Pukul : 08.00-10.00 )
|
Waktu kegiatan pengajian rutin Bapak-Bapak
|
Hari Senin : Majelis Riyadul Mut’taalimin
( Pukul : 19.00-20.30 )
|
Tujuan
|
- Turut mengikuti serta bergabung bersama Ibu-ibu masyarakat
setempat.
- Memper-erat silaturrahmi, dan Ukhuwah Islamiyyah.
- Mendapatkan ilmu baru
dan serta,
- Mendapatkan pengalaman-pengalaman yang bermanfaat.
|
Sasaran
|
Ibu ibu & bapak-bapak pengajian.
|
Jumlah pesarta
|
Sangat banyak
|
Hambatan / kendala
|
-
|
3. Ikut Serta KBM PAUD
Pada
minggu pertama, kelompok harokah melakukan survey terlebih dahulu dan
musyawarah pembagian tugas mangajar disetiap PAUD dan TK. Adapun daftar PAUD
dan nama pengajarnya diantaranya ialah :
·
Paud Riyadul muta’alimim : Annisa, Yasmin
·
Paud Tunas melati :
Karini, Irna
·
Paud Harapan bunda :
Yasmin, Irna. Karini
·
TK Bhakti mulia :
Husnul, Annisa, Ajen
Pada minggu ke-2 tim Harokah melakukan sosialisasi sekaligus memberikan surat tugas KKN di desa pabuaran
guna meminta izin untuk mengajar di PAUD dan TK pabuaran. Dalam peroses belajar mengajar, kelompok
harokah mengembangkan strategi baru yang belum digunakan oleh pengajar PAUD dan
TK Desa Pabuaran, dengan menambahkan model dan memberikan edukasi yang sesuai
dengan tema pembelajaran, sebelum memulai pembelajaran, diadakan baris berbaris
di depan kelas, berhitung dan mengenal anggota tubuh dengan menggunakan bahasa
arab, bahasa inggris dan beryanyi
bersama-sama. Menghafalkan hadist sebelum memulai pelajaran dan membaca
doa-doa harian di pertengahan pelajaran ketika istirahat maupun sebelum pulang.
Tabel 4.3
Penanggung Jawab
|
Annisa
Fitri dan Irna Rizkiyah
|
Waktu kegiatan
|
Hari Senin - Jumat
Pukul
07.30 -
10.30
|
Tujuan
|
- menambah model dan strategi pembelajaran
|
Sasaran
|
-TK danPAUD
|
Jumlah PAUD
dan TK
|
3 PAUD
dan 1TK
|
Hambatan / kendala
|
-
|
4. Ikut serta KBM TPQ
TPQ adalah salah satu kegiatan yang sudah berjalan di desa
Pabuaran. Namun, di desa ini belum memiliki fasilitas belajar di beberapa TPQ
seperti adanya papan tulis, kapur tulis ataupun spidol, kurangnya meja belajar,
Al-quran dan Iqro. Hampir seluruh TPQ didesa Pabuaran memiliki pembelajaran
yang monoton (spesifik pembacaal al-Qur’an)
Karena hal ini, tim KKN
Harokah meningkatkan pendidikan non formal anak-anak muslim di desa pabuaran
melalui Taman Pendidikan Al-Quran ( TPQ ). Pendidikan utama berisikan
materi-materi yang berperan membentuk generasi muslim yang mengenal bacaan
tulis Al-Quran, taat beribadah dan rajin menegakkan shalat. Disini pun
kami membekali para murid- murid dengan
murotal bersama ( modul qiroaty) dan membekali para murid dengan belajar
tulis huruf hijaiyah bersambung dan tidak bisa di sambung dan membekali para
murid-murid dengan belajar kosa kata dan lughoh bahasa arab, dan metode ini
kita gunakan metode pengulangan. Dan kami pun membekali para murid memahami
ilmu tajwid. Anak-anak pun senang ketika mereka belajar nama-nama benda
dalam bahasa arab, karena mereka belum sama sekali mempelajari bahasa arab
selama mereka mengaji. Adapun daftar nama Majelis, TPA atau TPQ beserta
pengajarnya di antaranya yaitu:
·
Majelis Al-Ikhlas : Karini, Fina dan Irna
·
TPA Ibu Rus : Irna, Yasmin, dan Nisa
·
Mushola Sawit : Annisa dan Ana
·
TPQ Pak Haji Oman : Aji dan Hambali
·
TPQ Ustad Yana : Andre dan Bimo
pengajar mengarahkan anak-anak untuk menghafal do’a-do’a
harian dan membaca juz 30 Setiap setelah usai pelajaran mengaji anak-anak di
haruskan membaca Illa hanna dan kosa kata Bahasa Arab. Dalam pengajaran
selanjutnya mereka diajarkan untuk membaca asmaul husna.
Untuk kenang-kenangan dan bantuan belajar TPQ, kami selaku coordinator
program member sebuah Al-Quran dan 5 buah buku juz amma. Agar mempermudah para
murid membaca Al-Quran dan membaca juz amma dengan mudah, dan kami pula
memberikan program ini kepada ustad dan ustazah yang memimpin TPQ tersebut,
setiap mereka membaca Al-Quran dan juz amma dari kami maka insya allah akan
menjadi amal jariyah untuk kami, aamiin.
Tabel 4.4
Penanggung
jawab
|
Karini
Sofiani dan Fina Fatihatussa’adah
|
Waktu
kegiatan
|
Senin- Jumat
TPQ ibu
rustia jam 14.00- 17.00
TPQ musola
sawit 15.30- 17.00
TPQ nurul
islam senin-rabu malam 17.30- 18.10
TPQ pak
h.oman 15.00-17.00
TPQ ustad
yana 14.30-17.00
|
Tujuan
|
Membantu
anak-anak desa pabuaran melancarkan bacaan al-quran dan menjadikan al-quran
sebagai pedoman hidup
|
Sasaran
|
Anak-anak tk
dan sd dari umur 4-10 tahun
|
Kendala/
hambatan
|
Kurangnya
fasilitas TPQ tersebut seperti meja belajar, al-quran dan papan tulis
|
5. Senam sehat
Salah
satu program Kuliah Kerja Nyata kelompok Harokah adalah mengadakan senam sehat
setiap 1 minggu sekali tetapnya pada hari minggu, dengan tujuan mengajak warga
agar melalukan pola hidup sehat dengan berolah raga minimal seminggu sekali.
Pada awal rencana program senam sehat ini disasarkan kepada ibu-ibu setempat, tetapi karena
banyaknya kendala seperti membersihkan rumah dihari libur dan banyaknya pula
undangan hajatan pada hari minggu membuat koordinator merubah sasaran senam menjadi ke
anak-anak.
Anak-anak sangat antusias dengan
diadakannya senam sehat bersama pada minggu sore, setiap hari minggu kita
mengadakan senam sehat bersama dan menanamkan pentingnya berolahraga dan hidup
sehat kepada anak-anak
Dari minggu ke minggu tidak mengurangi semangat anak-anak untuk tetap melakukan
senam sehat bersama, diadakannya senam sehat ini juga bertujuan untuk
mempererat pertemanan anak-anak dalam pergaulan yang baik.
Tabel 4.5
Penanggung Jawab
|
Husnul dan Karini
|
Waktu kegiatan
|
Setiap hari minggu
Pukul 16:30-17:15
|
Tujuan
|
-Mengajak warga untuk melalakukan pola
hidup sehat
-untuk mempererat pertemanan
|
Sasaran
|
-Anak-anak desa pabuaran
|
Jumlah pesarta
|
20 peserta
|
Hambatan / kendala
|
Banyaknya kegiatan ibu-ibu pada hari minggu membuat
ibu-ibu tidak meminati program ini, sehingga coordinator mengganti sasaran ke
anak-anak
|
6. Pengadaan Calistung
Calistung adalah salah satu program yang belum ada di desa
pabuaran.Calistung adalah baca, tulis dan hitung.Program ini diadakan untuk
menunjang anak-anak yang sudah selasai di TK menuju SD tetapi belum ancer
membaca.
Pendaftar calistung hanya 5 orang tetapi dengan 5orang ini program
calistung berjalan dengan baik dan kondusif, yang dimulai pada hari selasa
sampai hari jumat pukul 13:00 WIB. Hasil dari calistung ini sangat membuat
orang tua dari sang anak Bangga, karena dengan metode mudah dipelajari anak anc
dengan waktu yang singkat ancer membaca, menulis dan berhitung.Orang tua murid
pun banyak berterima kasih Karena dengan diadakannya program ini sangat
membantu mereka dalam mengajarkan anak dalam membaca,menulis dan berhitung.
Untuk kenang-kenangan dan bantuan belajar anak-anak, kami selaku
coordinator program membuat buku pegangan membaca agar dipergunakan mereka
untuk seterusnya dan kami pula memberikan program ini kepada salah satu tokoh
masyarakat agar meneruskan dan mengembangkan program ini dengan membarikan buku
panduan membaca kepada tokoh masyarakat tersebut.
Tabel 4.6
Penanggung Jawab
|
Husnul dan Yasmine
|
Waktu kegiatan
|
Hari selasa sampai jumat
Pukul 13:00-13:45
|
Tujuan
|
-Mengatasi anak-anak desa pabuaran yang
belum lancar membaca
|
Sasaran
|
-anak Tk
-anak umur 4 sampai 7 tahun
|
Jumlah pesarta
|
5 peserta
|
Hambatan / kendala
|
Kurangnya pengetahuan orang tua tentang calistung
membuat calistung sedikit diminati
|
7. Pengadaan Bimbel
Bimbingan belajar merupakan program
yang dilaksanakan dengan tujuan membantu siswa/i desa Pabuaran untuk mengatasi
kesulitan belajar. Adapun pengajar bimbel adalah tim kkn harokah, beberapa
pemuda/i dan tokoh masyarakat terdekat. Bimbel diadakan untuk siswa/i SD dan
SMP, namun untuk tingkat SMP hanya mempelajari pelajaran Matematika dan Bahasa
Inggris. Dalam melakukan pemberitahuan, kami membuat pamflet berupa info
pengadaan bimbel dan menyebarkannya ke masyarakat sekaligus bersilaturahim dan
menempelkan di tempat-tempat strategis.
Awal permulaan diadakannya bimbingan
belajar siswa/i sangat antusias karena sebelumnya tidak ada bimbingan belajar
di desa Pabuaran, bahkan jumlah awal mencapai 100 siswa/i desa paburan. Tim
kelompok Harokah tidak menyangka dengan jumlah peserta yang hadir sehingga
dihari pertama kita hanya melakukan perkenalan dan pembagian waktu belajar.
Dikarenakan banyak peserta yang
berminat mengikuti bimbingan belajar membuat tim Harokah mengkonsep ulang
pembagian waktu, tempat dan tugas mengajar. Untuk memudahkan komunikasi antara
tim Harokah dan peserta bimbingan beajar
timHarokah membuat group via whatsapp yang digunakan untuk salah
komunikasi terkait pembelajaran hingga pasca KKN.
Tabel 4.7
Penanggung Jawab
|
Rizka dan Nisa
|
Waktu kegiatan
|
Hari Senin – Jum’at (18.30 – 20.00)
|
Tujuan
|
Membantu siswa/i mengatasi kesulitan belajar
|
Sasaran
|
Siswa/i SD dan SMP
|
Jumlah pesarta
|
50 anak
|
Hambatan / kendala
|
-Tempatnya tidak terlalu luas sehingga menyebabkan kurang
efektifnya pembelajaran mengingat sangat banyak yang berminat dalam bimbel
-Pengajar dari desa Pabuaran memiliki kesibukan sehingga
terkadang tidak dapat mengajar
|
8. Bersih-bersih Masjid/Mushola
Desa
Pabuaran memiliki satu masjid dan banyak mushola, namun di dekat posko KKN ada
3 mushola. Mushola terdekat dengan tempat tinggal/posko KKN mengalami kendala
yaitu marbotnya sakit, beliau mengalami patah tulang, namun kepengurusan
mushola belum dibentuk kembali untuk menggantikan beliau, karena musim kemarau
yang mengakibatkan tempat tinggal/posko KKN tidak ada air, tim KKN selalu
menggunakan mushola/masjid sebagai tempat mengambil air, mandi maupun
beribadah. Sehingga tim KKN mengadakan bersih-bersih mushola setiap pagi hari
setelah sholat subuh. Tim KKN juga memberikan inventaris berupa peralatan
bersih-bersih dan Al-Qur’an yang di dapat dari Kementrian Agama Republik
Indonesia.
Tabel 4.8
Penanggung
Jawab
|
Aji
dan Bima
|
Waktu
kegiatan
|
Setiap
pagi (06.00 – 06.30) WIB
|
Tujuan
|
Membantu
marbot
|
Sasaran
|
Kebersihan
mushola
|
Jumlah
pesarta
|
-
|
Hambatan
/ kendala
|
-
|
9. Idhul Adha / qurban
Idul Adha adalah Hari Besar yang di
rayakan oleh umat islam di seluruh dunia, Hari raya ini di peringati setiap
tanggal 10 Dzulhijjah.memiliki sejarah dimana Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail yang
ikhlas menjalankan perintah Allah SWT, yakin menyembelih Ismail. Sehingga Allah
gantikan dengan sembelihan besar berupa domba jantan dari surga. Program Idul
adha ialah kerja membantu masyarakat setempat dalam berjalannya kegiatan
pemotongan dan pembagian daging qurban kepada yang berhaq menerimanya dengan
tujuan untuk menggugah rasa kemanusiaan dalam berbagi antara sesama.
Program ini di ikuti oleh semua
peserta KKN (baik laki laki maupun perempuan) dan tokoh masyarakat setempat
karena program tersebut biasanya yang bepartisipasi di dalam kegiatan tersebut
jarang yang berpartisipasi di dalam kegiatan tersebut jarang yang
berpartisipasi dari para pemuda maupun pemudi sehingga dapat memotifasi para
pemuda setempat untuk bergerak dan membantu proses kegiatan pemotongan hewan
qurban ini adalah membuat kesadaran bagi para pemuda setempat agar prihatin
serta peduli antara sesama saling membantu di dalam kebaikan sehingga setiap
hari besar umat islam (Idul Adha) para
pemuda dapat berpartisipasi dalam mensukseskan cara tersebut dengan baik.Para
pemuda dapat berpartisipasi dalam mensukseskan cara tersebut dengan baik,
sehingga manfaat nya dapat di rasakan oleh semua orang.
Tabel 4.9
Penanggung Jawab
|
Bambang dan Hakim
|
Waktu kegiatan
|
11 Agustus 2019
|
Tujuan
|
- Memperingati hari Raya Idul Adha
|
Sasaran
|
Masyarakat
|
Jumlah pesarta
|
-
|
Hambatan / kendala
|
-
|
10. Kesehatan
Dalam
memperdayakan lembaga yang ada di desa, tim KKN bekerjasama dengan pihak
kesehatan desa Pabuaran, program kesehatan pada bulan Agustus adalah pemberian
vitamin A kepada anak-anak di bawah 3 tahun (batita) di setiap posyandu.
Desa
Pabuaran, kemudian tim KKN juga bekerjasama dalam rangka pengadaan sosialisasi
pernikahan dini. Awalnya tim KKN ingin ikut mengatasi permasalahan DBD di desa
Pabuaran, namun tingkat penyakitnya sudah berkurang dan sudah ditangani dengan
baik, sehingga pihak kesehatan tidak membahas mengenai program berkenaan dengan
DBD.
Tabel
4.10
Penanggung Jawab
|
Rizka dan Annisa
|
Waktu Kegiatan
|
12 – 14 Agustus 2019 (08.00 – 12.00) WIB
|
Tujuan
|
Membantu pihak kesehatan dalam penyaluran vitamin A kepada batita
|
Sasaran
|
Anak di bawah tiga tahun
|
Jumlah Peserta
|
100 anak
|
Hambatan/kendala
|
-
|
11. Festival Anak Sholeh (FAS)
Festival anak
soleh adalah salah satu ajang menumbuhkan nilai keislaman pada anak-anak di
desa pabuaran, program ini merupakan pendidikan dan pelatihan yang sangat
efektif dalam membentuk karakter anak.
Hari ulang
tahun kemerdekaan republik Indonesia yang ke 74 ini di manfaatkan mahasiswa KKN
(kuliah kerja nyata) UNUSIA Jakarta kelompok Harokah, untuk menggelar festival
anak soleh (FAS). Festival anak Soleh ini di ikuti seluruh puluhan santri TK,
TPA, dan Paud se-desa Pabuaran. Gelaran ini bertujuan untuk syiar Islam
menumbuhkan, mengembangkan dan kreativitas santri.
Sejumlah lomba
yang diadakan mulai dari Adzan, mewarnai, hafalan surat pendek, pidato dan doa
harian. Dalam pembukaan acara ini di hadiri oleh Kepala Desa Pabuaran,
Kordinator Lomba ustadzah Rodiyah, ketua MUI desa Pabuaran dan sejumlah
tokoh masyarakat.
Tabel 4.11
Penanggung Jawab
|
Husnul,
Nurul dan Ana
|
Waktu kegiatan
|
Hari Kamis – Jumat
Pukul 13.00-16.00
WIB
|
Tujuan
|
- Menumbuhkan nilai keislaman pada anak-anak di desa pabuaran dan
membentuk karakter anak.
|
Sasaran
|
- TK,TPA,
danPaud
-anakumur 4 - 7 tahun
|
Jumlahpesarta
|
50
peserta (terlampir)
|
Hambatan / kendala
|
Susah
pihak desa untuk ditemui,
Susahnya
pencairan dana dari pihak desa
|
12. HUT RI
Dalam
memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia, tim KKN bekerjasama dengan
pihak desa, pemuda/i dan beberapa Paud desa Pabuaran. Pembuatan gapura dengan
para pemuda sebagai bentuk memeriahkan kemerdekaan RI, dan pengadaan beberapa
perlombaan seperti panjat pinang, pukul kendi, lomba festival anak sholeh,
lomba memindahkan bendera, joget balon, merias wajah ibu-ibu, dll. Lomba-lomba
tersebut dilaksanakan sebelum tanggal 17 Agustus. Tim KKN juga menjadi petugas
sekaligus pelatih obade dan paskibraka upacara 17 Agustus di desa Pabuaran.
Setelah upacara selesai, tim KKN ikut berpartisipasi dalam acara puncak
kemerdekaan di Desa Pabuaran, adapun acaranya berupa hiburan dan doa-doa.
Tabel 4.12
Penanggung
Jawab
|
Annisa,
Rizka, Hakim
|
Waktu
kegiatan
|
Melatih
obade
(10-16
Agustus, jam 13.00-15.00 WIB)
Petugas
(17 Agustus, jam 08.00-11.30 WIB)
|
Tujuan
|
-
Memeriahkan HUT RI
-
Memaksimalkan kegiatan HUT RI
|
Sasaran
|
Seluruh
warga
|
Jumlah
pesarta
|
Sangat
Banyak
|
Hambatan
/ kendala
|
-
|
13. Seminar Pendidikan
Pendidikan adalah salah satu hal
yang paling pokok dalam kehidupan.Salah satu program kuliah kerja nyata
kelompok harokah adalah mengadakan seminar “pentingnya pendidikan”.Kurangnya
kesadaran orang tua desa pabuaran mengakibatkan banyaknya anak-anak yang tidak
melanjutkan sekolah karena lebih mementingkan untuk bekerja. Program ini diadakan untuk meningkatkan
kesadaran orang tua dalampentingnya
memberi pendidikan formal pada anak.
Seminar ini diadakan dua pertemuan,
yang pertama disasarkan kepada ibu-ibu pengajian yang diselenggarakan di masjid
Al-Ikhlas sekaligus pengajian desa Pabuaran.dengan narasumber dosen UNUSIA
Jakarta Ibu Nur Setyaningrum. Para ibi-ibu yang hadir sangat antusias mendengarkan
seminar yang dibawakan oleh dosen tersebut.Acara ini berjalan cukup lancar dan
sesuai pada waktu yang ditentukan.
Seminar kedua diadakan di SDN Pabuaran 01 yang mencakup kelas 4,5 dan 6.
Anak-anak sangat antusias dengan kehadiran kelompok kkn kami, seminar ini
diadakan secara santai tetapi tepat dengan berbagai macam bentuk seperti
penyampaian edukasi pentingnya pendidikan, memberi motivasi, games dan yel-yel.
Yang diisi oleh mahasiswa. Seminar disekolah diadakan dengan tujuan agar
termotivasinya anak-anak untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih
tinggi.
Tabel 4.13
Penanggung Jawab
|
Husnul, Yasmine
|
Waktu kegiatan
|
Hari minggu 25-08-2019
Hari senin 26-08-2019
|
Tujuan
|
-Menumbuhkan kesadaran orang tua terhadap
pendidikan
-Memotivasi anak-anak agar menambah
semangat belajar dan melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi.
|
Sasaran
|
-Ibu-ibu warga desa Pabuaran
-Peserta didik kelas 4,5 dan 6.
|
Jumlah pesarta
|
135 ibu-ibu
400 peserta didik
|
Hambatan / kendala
|
-
|
14. Sosialisasi Pernikahan Dini
Pernikahan
adalah upacara pengikatan janji nikah yang dirayakan atau yang di laksanakan
dua orang dengan maksud meresmikan ikatan perkawinan secara agama, norma hukum,
dan norma sosial. Upacara pernikahan memiliki banyak ragam dan variasi menurut
tradisi suku bangsa, agama, budaya, maupun kelas sosial.
Sosialisasi ini diadakan satu pertemuan, disasarkan kepada pemuda-pemudi (Karang Taruna), siswa/i smp-sma desa pabuaran, yang diselenggarakan di Yayasan Umul Qur’an ( H. Abdurrohman).
Dengan narasumber Kaprodi Pendidikan Guru Paud UNUSIA Jakarta Bpk. Waspada, M.M
, Kepala KUA Kecamatan Kemang Dr. H. Istikhori M.ag , Dinas Kesehatan Desa
Pabuaran Roro Fitria Am.Keb. dihadiri aparat pemerintah dan tokoh masyarakat.
Para pemuda-pemudi yang hadir sangat antusias mendengarkan seminar yang
dibawakan oleh narasumber. Acara ini berjalan cukup lancar dan sesuai pada waktu
yang ditentukan.
Tabel 4.14
Penanggung Jawab
|
Andri Jadmiko, Ghufron Hanafi
|
Waktu kegiatan
|
Hari minggu,
1 september 2019
|
Tujuan
|
Miningkatkan
Pemahaman remaja, tentang tujuan PUP serta dampak yang ditimbulkan oleh
pernikahn dini
|
Sasaran
|
-Pemuda-pemudi
(karang taruna) desa Pabuaran
-Siswa/i
SMP-SMA yang ada didesa pabuaran
|
Jumlah pesarta
|
13 pemuda-pemudi
8 siswa/i siswa-sma desa pabuaran
|
Hambatan / kendala
|
-kurang antusias para peserta
|
15. Seminar Ke-NU an
Untuk menyelaraskan program KKN dengan program kerja MWCNU
kecamatan Kemang, yaitu untuk menyebarkan Nahdlatul Ulama maka dengan itu kelompok harokah
bekerjasama dengan MWCNU Kemang dan menggelarkan kegiatan Lailatul Ijtima’ dan
seminar ke NU-an di desa Pabuaran.
Kegiatan ini di laksanakan di
pesantren Surau Pati RW 08 desa Pabuaran
pada tanggal 23 Agustus 2019. Kegiatan
ini dihadiri oleh pengurus Ranting NU se- Kemang, beberapa pengurus cabang NU
Kabupaten Bogor dan tokoh agama desa Paburan.
Lailatul Ijtima’ ini dirangkai
dengan istighosah dan mauled diba’ setelah selesai di isi dengan seminar ke
NU-an oleh bapak Ahmad Ikhrom, salah satu ketua PCNU kabupaten Bogor dan
sekaligus dosen UNUSIA Jakarta.
Tabel 4.15
Penanggung
Jawab
|
Irgi
Nur Fadil dan Muhammad Hambali
|
Waktu
kegiatan
|
23
Agustus 2019.
Pukul
19:00-23:45
|
Tujuan
|
-Meyebarkan ajaran Ahlussunnah Wal Jamaah Anahdliyyah
|
Sasaran
|
-Tokoh
Agama
-Tokoh
Masyarakat
-
Masyarakat Desa Pabuaran
-
Santri Pesantren Surau Pati
|
Jumlah
pesarta
|
50
orang
|
Hambatan
/ kendala
|
Masyarakat
desa Pabuaran menganggap bahwa NU bukan ormas Islam namun sebagai Partai
Politik sehingga mereka enggan mengikuti NU karena harus mengikuti cara
pandang politik NU.
|
16. Memeriahkan 1 Muharam 1441 H
Kelompok KKN Harokah tidak memprogram acara 1 Muharam dikarenakan perkiraan awal KKN selesai
diakhir bulan Agustus. Karena ada penambahan waktu berdasarkan kesepakatan
kelompok. Kemudian kelompok KKN Harokah diminta oleh kepala Desa Pabuaran untuk
ikut serta membantu menjalankan memeriahkan 1 Muharam. Kegiatan yang diadakan
pada malam 1 Muharam adalah hal rutin ba’da magrib syukuran bersama dan setelah
ba’da isya pawai obor (dengan seribu obor) mengelilingi desa Pabuaran. Hal ini
guna mempererat tali silaturahmi antara warga desa Pabuaran.
Tabel 4.16
Penanggung Jawab
|
Andri Jadmiko dan Prasetya
Aji P
|
Waktu kegiatan
|
1 september 2019
Ba’da magrib sampai 22:00
|
Tujuan
|
-Mempererat tali silatuhrami antara warga
desa Pabuaran
-Memeriahkan serta memperingati tahun baru Islam
|
Sasaran
|
-Seluruh warga desa Pabuaran
|
Jumlah pesarta
|
1200 warga
|
Hambatan / kendala
|
-
|
17. Kerajinan tangan
a) Celengan
Program ini mensosialisasikan kepada
anak-anak desa pabuaran tentang pentingnya menabung sejak dini serta
mengajarkan anak-anak membuat celengan yg dibuat dari bahan seadanya seperti
kardus dan koran dengan bantuan para mahasiswa.
Kegiatan ini merupakan salah satu
cara untuk menanamkan rasa gemar menabung pada anak- anak desa pabuaran “ rajin
pangkal pandai, hemat pangkal kaya” ungkapan kata-kata bijak ini kita tanamkan
kepada anak-anak.
Kepada mereka kita ajarkan hidup
hemat dengan cara menabung agar pola konsumtif yang tidak bermanfaat dapat
dikurangi.untuk memotivasi anak-anak belajar tentang pentingnya gemar menabung
pada usia dini maka kami memberikan pelatihan pembuatan celengan dari bahan
bekas yaitu kardus dan kertas koran yang dibuat sendiri oleh anak-anak dengan
bantuan para mahasiswa, dengan celengan yang dibuat sendiri dapat menambah
minat anak karena celengan yang dibuat sendiri oleh anak-anak.
Tabel 4.17
PenanggungJawab
|
Nurul
|
Waktu kegiatan
|
Hari Kamis Pukul 19.30-20.30
|
Tujuan
|
Menanamkan rasa gemar menabung pada anak- anak desa pabuaran.
|
Sasaran
|
Anakumur 4 sampai13tahun
|
Jumlahpesarta
|
35
peserta
|
Hambatan / kendala
|
-
|
b) Sablon
Masih Kurangnya kegiatan pemuda
pemudi di desa Pabuaran untuk mendorong perekonomian, dengan itu kami membuat
pelatihan menyablon kaos. Karena menurut kami sablon kaos saat ini banyak
diminati oleh pemuda maupun organisai. Dengan itu kami yakin dengan adanya penyablon
kaos dari pemuda pemudi dapat menambah perekonomian mereka.
Dengan itu kami mendatangkan
pemateri muda dari Jakarta. Beliau adalah Burhan Shidiq pemuda yang memiliki
usaha di bidang sablon kaos ini memberikan materi sablon kaos dari cara screen
sampai tahap pemasangan cat di kaos.
Kegiatan pelatihan sablon ini di
ikuti oleh 5 pemuda Desa Paburan yang kami
bina agar bisa melanjutkan sablon kaos ini di kemudian hari. Kegiatan
ini kami laksanakan pada tanggal 03 September 2019, di Posko KKN kelompok
harokah
Tabel 4.18
Penanggung
Jawab
|
Irgi
|
Waktu
kegiatan
|
20:00
– 23:00 WIB
03
September 2019
|
Tujuan
|
Memberikan ketrampilan baru untuk pemuda-pemudi Desa Paburan agar
mereka memiliki ketrampilan yang dapat digunakan untuk berlatih wira usaha
|
Sasaran
|
-Pemuda/I
desa Pabuaran
|
Hambatan
/ kendala
|
-Pemuda
yang kurang paham dan tidak begitu memperhatikan sehingga saat mempraktikan
menyablon kurang bisa dan membuat screen menjadi rusak
-Jauh
dari toko alat sablon
|
18. Perpustakaan NU
Kuliah
kerja nyata kelompok harokah mendirikan perpustakaan di majlis ta’lim raudatul
muta’alimin desa pabuaran, kec. kemang. Perpustakaan diberi nama ”perpustakaan
Nahdhatul Ulama” perpustakaan ini bertujuan untuk mewujudkan kepedulian dan
kecintaan para mahasiswa kepada generasi penerus bangsa Indonesia.
Program besar ini sudah dimulai
sejak bulan agustus 2019, dengan cara menggalangkan buku dan mewajibkan peserta
KKN membawa buku, banyak juga buku dari LAKPESDSM NU dan wahid foundation. Sehinggga
buku-buku ini banyak koleksinya, dari buku anak-anak sampai sejarah menjadi
kolesi diperpustakaan ini diperkirakan
jumlahnya mencapai 800 buku.
Tingginya minat baca anak-anak
membuat perpustakaan ini di banjiri anak-anak setiap harinya, setiap malam
anak-anak berdatangan untuk membaca diperpustakaan ini mereka mempergunakan
waktu kosong mereka dengan membaca buku.
Tabel 4.19
Penanggung Jawab
|
Husnul dan Fina
|
Waktu kegiatan
|
26
Agustus 2019
|
Tujuan
|
-Mengajak seluruh warga desa pabuaran
agar giat membaca
-Memberikan wadah baru untuk perkembangan
anak-anak dengan membaca
|
Sasaran
|
-SEluruh warga desa Pabuaran
|
Jumlah peserta
|
-
|
Hambatan / kendala
|
-
|
19. Perduli sungai & lingkungan
bersih
Program kali bersih adalah program
kerja pengendalian pencemaran air kali dengan tujuan untuk meningkatkan
kualitas air kali agar tetap berfungsi sesuai dengan manfaatnya. Program ini
berasakan pelestarian fungsi lingkungan perairan kali yang berkelanjutan bagi
peningkatan kebutuhan masyarakat setempat.
Program ini diikuti oleh semua
peserta KKN (laki laki) dan pemuda Karang Taruna RT 01. Program ini sangat
mengantusiasi masyarakat setempat, karena program tersebut sudah lama belum
berjalan sehingga beberapa orang dari warga setempat pun ikut berpartisipasi di
dalam mensukseskan program kali bersih tersebut. Program ini di mulai hari minggu
pada pukul 14.30 – 16.30 (karena pada waktu tersebut para warga setempat tidak
banyak menggunakan kali terssebut)
Hasil dari program kali bersihin
dalam membuat kesadaran para warga setempat agar mencintai lingkungan sekitar,
khususnya kali yang sering di gunakan untuk kebutuhan sehari hari
(mandi,mencuci pakaian dsb). Serta dapat berkelanjutan/dapat di teruskan
kembali oleh warga setempat sehingga manfaatnya dapat di rasakan oleh semua
orang.
Tabel 4.20
Penanggung Jawab
|
Bambang
S dan Gufron
|
Waktukegiatan
|
Hari Minggu
Pukul 14.30 – 16.30
|
Tujuan
|
Memberikan Kesadaran tentang mencintai lingkungan setempat
|
Sasaran
|
Pemuda dan Pemudi Karang Taruna dan
Warga Masyarakat setempat
|
Jumlahpesarta
|
35 peserta
|
Hambatan / kendala
|
Waktu yang di butuhkan sangat terbatas , karena kali tersebut sangat di butuhkan oleh warga setempat untuk segala keperluannya
|
20. Pagar Nusa
Pencak
silat merupakan suatu bela diri yang berasal dari Indonesia. Saat ini banyak
yang beranggapan bahwa pencak silat merupakan bela diri atau olahraga yang kuno
untuk dipelajari atau untuk di dalami. Oleh karena itu, kami merasa untuk
mengadakan pelatihan pencak silat di desa Pabuaran.
Selain
melestarikan budaya nusantara pencak silat juga merupakan
olahraga untuk menguatkan jasmani dan rohani. Dengan memaksimalkan program ini
kami berkerjasama dengan majelista’lim umul qur’an dan pemuda kampung keramat
untuk menggelar latihan pencak silat.
Program
ini sangat diminati oleh anak-anak dari SD-SMP yang mengikuti latihan. Latihan
kami selenggarakan di kampung Keramat setiap sore di mulai dari jam 16:00 WIB
sampai selesai. Sedangkan di majelis Umul Qur’an kampung Kiara diadakan setiap
malam jam 19:00 sampai selesai. Pencak silat ini juga kami tampilkan dalam
acara penutupan KKN kelompok harokah.
Tabel 4.21
Penanggung
Jawab
|
Irgi
Nur Fadil
|
Waktu
kegiatan
|
-Kampung
Keramat
Setiap
sore jam 16:00 – Selesai
-
Majelis Umul Qur’an kampung Kiara
Setiap
Malam 19:00 – Selesai
|
Tujuan
|
-Merawat Budaya Nusantara
-Menguatkan Jasmani dan rohani
-Melindungi diri dari dengan ilmu pencak silat
|
Sasaran
|
-Anak-anak
SD-SMP
|
Hambatan
/ kendala
|
-Banyaknya
kegiatan sehingga tidak maksimal dalam mengajar Pencak Silat
-Anaknya
susah dalam memahami gerakan
-Banyak
anak-anak yang cenderung apatis.
|
21. Kreasi Seni
Kreasi seni untuk anak adalah salah satu program KKN di desa Pabuaran,
kreasi seni tersebut berupa tari-tarian tradisional, sholawat bersama, pencak silat
dll. Kreasi seni itu sendiri ditampilkan pada malam penutupan sekaligus tablig akbar
yang diselenggarakan di halaman rumah Ust. Mahbub.
Kreasi seni ini banyak mendapat antusiasme anak-anak maupun orang
tua, karna sebelumnya masyarakat mau pun desa tersebut jarang mengadakan kreasi
anak. Desa pabuaran sendiri sudah sering mengadakan tabligh akbar pada bulan
islam seperti muharam, maulid dll.
Namun tampilan kreasiseni untuk anak-anak sangat jarang dilakukan.
Oleh karena itu kami coordinator membuat kreasi seni untuk anak dengan tujuan
membangkitkan semangat budaya yang sebeiumnya semakin terlupakan.
Tabel 4.22
Penanggung Jawab
|
Nisa dan Nurul
|
Waktukegiatan (latihan)
|
Hari senin-sabtu
Pukul 16:00-17:30
|
Tujuan
|
-Membangkitkan semangat budaya yang sebelumnya semakin terlupakan.
|
Sasaran
|
-Mulai dari Taman kanak-kanak sampai sekolah dasar
|
Jumlah pesarta
|
25 perserta
|
Hambatan / kendala
|
Pelaksanaan penyelenggara minim
dukungan
|
22. Tabligh Akbar, Pelantikan PAC
Muslimat NU Kec. Kemang & Ranting
Muslimat NU desa Pabuaran
Ibu-ibu di desa Paburan terlihat
sangat aktif di pengajian yang di adakan oleh majelis ta’lim setiap kampung,
bahkan dari pemerintah desa juga mempunyai program pengajian untuk ibu-ibu di
desa Pabuaran. Saat kami menemui tokoh agama H. Abdurrohman salah satu tokoh NU
di desa Pabuaran mengatakan bahwa ranting NU di desa Pabuaran sudah ada namun
untuk Muslimat NU nya belum ada. Dengan landasan itulah kami membuat program
unggulan dengan membentuk pengurus
ranting Musllimat NU sebagai wadah ibu-ibu di Nahdlatul Ulama.
Namun
program yang kami buat ini tidaklah mudah saat kami menemui ketua MWCNU
kecamatan kemang ternyata pengurus anak cabang Muslimat NU Kemang juga belum
terbentuk. Dengan obrolan yang panjang dengan ustad Farid selaku ketua MWCNU
Kemang akhirnya kami menemukan titik temu yaitu membentuk sekaligus pelantikan secara
bersamaan PAC dan pengurus ranting Muslimat NU.
Dalam
pembentukan pengurus ranting Muslimat NU pun kami menemukan kesulitan karena
tokoh agama disana kurang mendukung akan kehadiran ormas Islam terbesar di
dunia ini. Dengan tekad yang keras kami mempertemukan tokoh agama yang mempunyai
background pesantren lalu mereka mendukung kami untuk membentuk pengurus
Muslimat NU desa Pabuaran.
Nama-nama
pun tersusun lalu kami mengundang mereka untuk musyawarah dalam menyusun
structural pengurus ranting Muslimat NU. Adapula yang enggan hadir dalam
musyawarah ini, namun akhirnya terbentuklah structural Muslimat NU desa
Pabuaran dengan hasil ustdazah Entik sebagai penasihat dan ustadzah Nur
hidayati sebagai ketua Ranting.
Lalu
kami menyapakati akan membuat tabligh akabar, pelantikan PAC dan ranting
Muslimat NU Sekaligus penutupan KKN kelompok harokah. Dengan mengundang Dr. KH.
Mujib Qulyubi sebagai penceramah.
Dalam acara ini di hadiri oleh ketua
Muslimat NU Cabang Kabupaten Bogor, PCNU Kabupaten Bogor, kepala desa Pabuaran
dan perangkatnya, ketua MUI desa Pabuaran, ketua RT dan RW O4, pengurus ranting
NU desa Pabuaran, tokoh agama, tokoh masyarakat, pemuda-pemudi dan ratusan
warga desa Pabuaran.
Tabel 4.23
Penanggung
Jawab
|
Irgi
Nur Fadil dan Andri Zadmiko
|
Waktu
kegiatan
|
19:00
– 23:00 WIB
04
September 2019
|
Tujuan
|
-Mewadahi ibu-ibu pengajian dengan adanya Muslimat NU desa
Pabuaran
-Menyebarkan aqidah Ahlussunah Wal Jamaah Annahdliyah
-Menyatukan semua unsur tokoh-tokoh di desa Pabuaran
|
Sasaran
|
-Ibu-Ibu
|
Hambatan
/ kendala
|
-Banyaknya
tokoh agama yang kurang setuju dengan hadirnya Nahdlatul Ulama di desa
Pabuaran
-Belum
memahami Nahdlatul Ulama secara structural
-Menolak
Islam Nusantara yang di gaungkan oleh
Nahdlatul Ulama
|
23. Waqaf Al-Qur’an
Waqaf merupakan salah satu bentuk sedekah jariyah,
yang dimana sedekah yang diperuntukkan untuk kepentingan orang banyak.
Kebanyakan orang mewaqofkan sebagian hartanya, karena mengharapkan pahala yang
allah janjikan kepada para hambanya yaitu berupa amal pahala yang tidak akan
terputus sampai hari kiamat nanti
Oleh karena itu, kami selaku kelompok harokah yang bertempat KKN di desa
pabuaran, berinisiatif untuk mewaqofkan harta kami di desa pabuaran.Dimana
menurut kami mewaqofkan adalah bagian dari pengabdian kepada masyarakat.Barang
yg kami waqofkan di desa pabuaran berupa alqur’an dan alat- alat bersih untuk
membersihkan mushola atau masjid.Krena menurut kami ini adalah yang di
butuhkan.
Para ustadz dan merbot mushola, berterimakasih kepada kami atas waqof
yang telah di berikan kepada mereka.Wajah penuh senyum dan sikap ramah yang
mereka tampilkan kepada kami merupakan salah satu ciri bahwa mereka bersimpati
atas kedatngan kami di desa mereka.
Untuk kenang – kenangan kami memberikan alqur’an kepada setiap masjid
dan mushola yang ada di desa pabuaran dan kami memberikan pula alat kebersihan
kepada mushola, yang dimna menurut kami ini sangat di butuhkan. Waqof ini
merupakan salah satu program kkn dari kelompok harokah, yang dimana setelah
kami selesai KKN, apa yang kami berikan kepada para ustadz dan merbot mushola,
ini bermanfaat untuk warga desa pabuaran. Dan kami sangat berterimaka kasih
atas sambutan yang begitu hangat dari warga desa terutama para tokoh agama.
Tabel 4.24
Penanggung Jawab
|
Taupiq Hidayatullah dan prasetiya aji
|
Waktu kegiatan
|
Hari Rabu
Pukul 12.00 – 14.00
|
Tujuan
|
Mengatasi kekurangan alqur’an pada setiap
masjid
Menambah minat baca alquran untuk jamaah
Mewaqofkan alquran
|
Sasaran
|
Masjid
Mushola terdekat
|
Jumlah pesarta
|
-
|
Hambatan / kendala
|
-
|
Berikut program dan kegiatan yang terealisasi dengan input, output
dan outcome nya oleh Tim Harokah:
Tabel 4.25
No
|
Jenis Program
|
Penanggung jawab
|
Input
|
Output
|
Outcome
|
|||
Aktivitas
|
Tenaga
|
Bahan
|
Biaya
|
|||||
1
|
Silatuhrahim
|
Irgi dan Billi
|
-Mengunjungi
masyarakat sekitar
-Menyebar undangan
|
Mahasiswa
|
-Surat undangan
|
|
-50 warga Desa
Pabuaran
|
-Terjalinnya
silaturahim
-Saling kenal
|
2
|
Mengajar PAUD dan
TK
|
Anissa dan Irna
|
-Mengajar
-Bernyanyai
-Menghafal
-Bermain
-Olahraga
|
-Mahasiswa
-Guru PAUD dan TK
|
-Spidol
-Buku panduan
-Absensi
|
|
-3 PAUD dan 1 TK
|
-Meringankan beban
guru dalam hal tenanga maupun fikiran untuk mengajar
-Siswa mendapatkan
strategi dan model yang baru serta lebih menyenangkan
|
3
|
Bimbel
|
Rizka dan Nisa
|
-Mengajar
|
-Mahasiswa
-Pemuda/i
|
-Papan tulis
-Spidol
-Buku panduan
|
|
-100 peserta
|
-Membantu peserta
didik memahami pelajaran disekolah
-Membantu peserta
didik mengerjakan tugas pekerjaan rumah.
|
4
|
TPQ
|
Fina dan Karini
|
-Mengajar membaca
Al-Quran
-Mengajar hafalan
doa-doa harian dan kosa kata bahasa arab
-Mengajar tajwid
|
-Mahasiswa
- Guru TPQ
|
-Spidol
-Juz amma
-Al –Quran
-Iqro
|
|
-5 majelis TPQ
|
-Semangat belajar
agama bagi peserta didik
-Membantu
meringankan beban guru TPQ
-Mendapatkan model
dan strategi mengajar bagi guru TPQ
|
5
|
Membantu
bersih-bersih masjid dan musholah
|
Bima dan Aji
|
-Bersih bersih
|
-Mahasiswa
-Marbot musholah
|
-Peralatana
kebersihan
|
Rp. 110.000,-
|
|
-Pekerjaan marbot
masjid menjadi ringan
-Masjid menjadi
bersih dan rapi
|
6
|
Pengajian rutinan
|
Yasmine dan Taufiq
|
-Mengikuti
pengajian
-Petugas pengajian
|
-Mahasiswa
-Masyarakat
|
-Buku panduan rawi
dan tahlil
|
-108.000,-
|
- Seluruh majelis
per RT dan Majelis desa Pabuaran
|
-Meningkatkan
keimanan
-Mempererat
silaturahmi
|
7
|
Fastival anak
soleh
|
Nurul dan Anna
|
-Lomba mewarnai
-Lomba pidato
-Lomba hafalan juz
amma
-Lomba azan
-Lomba doa harian
|
-Mahasiswa
-Bidang keagamaan
desa Pabuaran
-Warga desa
Pabuaran
|
-Panggung
-Dekorasi
-Absensi
-Hadiah
-Piala
|
-262.500,-
|
-50 peserta
|
-Pengadaan acara
keagamaan perdana bagi desa Pabuaran
-Tumbuhnya nilai
keislaman bagi anak
|
8
|
Idul Adha
|
Bambang dan Hakim
|
-Sholat ied
-Menyembelih 4
ekor kambing
-Membagiakan
daging kurban
-Nyate bersama
pemuda
|
-Mahasiswa
-Pemuda desa
Pabuaran
-Tokoh agama
masyarakat
|
-Alat kurban
-Alat memasak
|
-6.706.000,-
|
-Seluruh warga
desa Pabuaran
|
-Berbagi suasan
bahagia kepada masyarakat
|
9
|
Memperingati hari
kemerdekaan
|
Rizka, Anisa dan
Hakim
|
-Membuat gapura
-Pemasangan
bendera
-Upacara
-Lomba
-Pembagian hadiah
|
-Mahasiswa
-Masyrakat
-Pemuda
|
-Alat-alat gapura
-Alat-alat
perlombaan
-Hadiah
-Piala
|
-
|
-Seluruh warga
desa Pabuaran
|
-Menghargai dan
menghormati jasa-jasa para Pahlawan
-Menumbuhkan rasa
cinta terhadap tanah air
-Mempererat
hubungan antar warga
|
10
|
Gerakan peduli
sungai dan lingkungan bersih
|
Andri, Aji dan
Bambang
|
-Membersihkan
sungai
-Membersihkan
daerah sekitar sungai
-Membersihkan
posko
|
-Mahasiswa
laki-laki
-Masyrakat
-Pemuda
|
- Alat kebersihan
|
|
-35 orang
|
-Lingkungan dan
sungai menjadi bersih.
|
11
|
Sosialisasi
pernikahan
|
Andri dan Gufron
|
-Seminar
pernikahan
|
-Mahasiswa
-Pemuda
-Tokoh masyarakat
-Tokoh agama
-Bidan desa
|
-Benner
-Proyektor
-Konsumsi
|
-400.000,-
|
25 orang
|
-Masyarakat paham
tentang administrasi, syarat, rukun, kesehatan, dll dari pernikahan.
|
12
|
Senam sehat
|
Husnul dan Karini
|
-Senam
|
-Mahasiswa
- Anak-anak warga
desa pabuaran
|
-Musik
-Speker
|
|
20 orang
|
-Anak-anak
mengetahui hidup sehat
-Mempererat
hubungan tim harokah dengan anak-anak
|
13
|
Seminar pendidikan
|
Husnul dan Nisa
|
-Seminar disekolah
-Seminar
dipengajian
|
-Mahasiswa
-Ibu-ibu pengejian
desa Pabuaran
-Peserta didik SDN
01 Desa Pabuaran
|
-Konsumsi
-Benner
|
606.000,-
|
- 135 ibu-ibi
pengajian
- 400 peserta
didik
|
- Anak-anak
termotivasi agar melanjutkan sekolah ke janjang yang lebih tinggi
-Ibu-ibu mengerti
tentang pentingnya pendidikan.
|
14
|
Kerajianan tangan
|
Nurul dan Irna
Irgi
|
-Materi tentang
menabung
-Membuat celengan
dari barang bekas
-Pembuatan sablon
|
-Mahasiswa
-Anak-anak
-Pemuda pemudi
|
-Kardus bekas
-Lem dan gunting
-Koran
-Alat-alat sablon
|
377.000,-
|
- 35 anak-anak
- 15 pemuda
|
-Penggunaan bahan
bekas agar dapat dimanfaatkan
-Menciptakan
lapangan pekerjaan.
|
15
|
Posyandu
|
Rizka dan Anisa
|
-Pemberian vitamin
A kepada BATITA
-Menimbang berat
badan
-Mengukur tinggi
|
-Mahasiswa
-Bidan desa
-Ibu PKK
|
-Timbangan
-Meteran
-Vitamin
|
|
-100 anak
|
-Pihak kesehatan
terbantu
-Mahasiswa
mendapatkan pengalaman dari posyandu
|
16
|
Seminar ke NU an
|
Irgi dan Bili
|
-Seminar
-Pengajian
|
-Mahasiswa
-Bapak-bapak
pengajian
|
-Konsumsi
-Sound system
|
500.000,-
|
-Bapak-bapak
pengajian
|
-Terjalinnya
silaturahmi
-Menambah
pengetahuan tentang ke NUan
|
17
|
Calistung
|
Hunsul dan Yasmin
|
-Belajar
-Membaca
-Menulis
-Berhitung
|
-Mahasiswa
-Anak usia 4-6
tahun
|
-Buku calistung
|
346.000,-
|
-Anak-anak desa
pabuaran
|
-Membantu anak-anak
usia dini untuk mengenal huruf dan angka
|
18
|
Perpustakaan
|
Husnul dan Fina
|
-Membaca
|
-Mahasiswa
-Warga desaa
Pabuaran
|
-800 buku
-Rak buku
-Stiker buku
|
380.000,-
|
-Seluruh warga
desa Pabuaran
|
-Meningkatkan
minat membaca anak-anak maupun warga sekitar
|
19
|
Kreasi seni
|
Nurul dan Nisa
|
-Nari
-Sholawat
-Hafalan
-Nasyid
|
-Mahasiswa
-Anak-anak desa
Pabuaran
|
-Speker
-Costum
-Make up
|
|
-Anak-anak
|
-Menumbuhkan jiwa
kesenian pada anak-anak
|
20
|
Pagar nusa
|
Irgi
|
-Silat
|
-Mahasiswa
-Anak-anak
|
-Costum
|
|
-Anak-anak
|
-Menumbuhkan jiwa
kesenian pada anak-anak
-Mempertahankan
budaya nusantara
-Melindungi diri
|
21
|
Tabligh akbar
|
Irgi dan Andri
|
-Pentas seni
-Ceramah
-Pelantikan
ranting muslimat NU
-Penutupan KKN
harokah
|
-Mahasiswa
-Seluruh warga
desa pabuaran
-Ketua muslimat NU
Kec. Kemang
- Perwakilan dosen
dari UNUSIA
|
-Panggung
-Tenda
-Sound system
-Kursi
-Konsumsi
|
Rp. 4.292.000,-
|
-Seluruh warga
desa pabuaran
|
-Menyatukan semua
unsur tokoh-tokoh desa pabuaran
-Menyebarkan
aqidah ahlusunnah wal jamaah
|
22
|
Waqof Al-Quran
|
Taufiq dan Aji
|
-Memberikah
Al-quran ke majelis-majelis
|
-Mahasiswa UNUSIA
|
- Al-quran
-Juz amma
|
|
-5 majelis
|
-Mengatasi
kekurangan al-quran pada majelis
|
Berikut program dan kegiatan yang tidak terealisasi dengan
alasannya:
Tabel 4.26
No
|
Program
|
Alasan tidak
terealisasi
|
1
|
Membantu pengadaan surat nikah dan akte kelahiran (Isbat Nikah)
|
Tidak cukupnya waktu untuk melakukan program ini
|
2
|
Pengadaan organisasi karang taruna desa Pabuaran
|
Desa Pabuaran sudah memiliki karang taruna, hanya saja tidak
memiliki kegiatan (pasif) sehingga Tim KKN Harokah hanya berusaha
mengikutsertakan karang taruna dalam kegiatan program sehingga karang taruna
yang sudah ada menjadi aktif
|
3
|
Mengadakan sosialisasi mengenai kesehatan
|
Pihak kesehatan memiliki jadwal yang penuh, sehingga sosialisasi
kesehatan dialihkan dalam program sosialisasi pernikahan dini yang memuat
tentang kesehatan dalam pernikahan.
|
4
|
Mengadakan pelatihan benih dan pakan ikan
|
Adanya pihak tertentu yang sudah membuat pelatihan ini sebelum
KKN dimulai, namun kegiatan tersebut diadakan setelah tim KKN Harokah telah
melakukan observasi.
|
BAB V
KESIMPULAN DAN HASIL REKOMENDASI
Berdasarkan
hasil kegiatan, pengamatan maupun pelaksanaan program kerja KKN yang telah
direncanakan, disusun, dan dilaksanakan. Maka kelompok Harokah KKN UNUSIA
Jakarta 2019 di Desa Pabuaran, Kecamatan Kemang mengambil beberapa kesimpulan,
saran serta rekomendasi:
A.
Kesimpulan
Kami menyadari suatu keberhasilan tidak akan lepas dari kerjasama tim di
dalam kelompok maka kami membuat susunan / pembagian tugas agar tujuan kami
terlaksana dengan baik , ada yang bekerja sama dengan aparatur pemerintah , dengan tokoh tokoh masyarakat serta dengan
warga setempat , sehingga program program kerja yang kami buat dapat di dukung
dan berjalan dengan lancar.
Pada Program program kerja yang kami buat secara keseluruhan berlangsung
dengan baik namun ada sedikit kendala karena kurangnya kesadaran serta dukungan
masyarakat setempat yang masih memiliki sifat tipiologi yang cenderung apatis
dan nepotisme , sehingga kami peserta KKN kelompok Harokah sangat ekstra baik
dalam berfikir ( di dalam rapat antara peserta KKN ) maupun berbuat untuk
masyarakat setempat di dalam mensukseskan acara KKN di Desa Pabuaran.
Sehingga segala program yang kami buat , dapat memberikan dampak
positif serta kesadaran bagi warga setempat baik secara langsung maupun
tidak langsung serta dapat menjalin tali silatuhrahmi antara warga setempat dengan amaliyah warga
UN.
Di dalam Pendidikan , khususnya di tingkat PAUD di Desa Pabuaran sudah berjalan baik , karena
banyaknya pendidikan lembaga tersebut ,
Namun pada tingkat SLTP di Desa Pabuaran terdapat hanya satu sekolahan dan
kondisinya pun kurang kondusif karena Tenaga Pendidik tidak sebanding dengan
peserta didik, begitu juga dengan kelas / ruangannya. Dan pada tingkat SLTA belum ada sama sekali sekolah tingkat tersebut ,
Sehingga banyaknya peserta didik yang melanjutkan sekolahnya ke luar desa
Pabuaran.
Itu Semuanya terjadi karena Pemerintah Desa yang kurang responsive terhadap
kegiatan dan lingkungan masyarakat, banyaknya nepotisme dalam penyusunan
pemerintah desa sehingga banyak masyarakat yang kurang peduli dengan program
desa.
B.
Saran
/ rekomendasi
Dikarenakan sangat pentingnya kegiatan
pengetahuan dan keterampilan tentang keaktifan dalam kegiatan bermasyarakat
yang manfaatnya begitu besar yang dapat merubah keadaan baik dalam bidang
ekonomi, pendidikan, sosial , serta budaya.
Maka kami menyadari ( para peserta KKN ) tentang keadaan
masyarakat khususnya di desa pabuaran tentang kerukunan antara warga setempat
serta kurangnya kesadaran warga akan
kepedulian hidup bermasyarakat sehingga para peserta KKN perlunya usaha yang
sangat ekstra di dalam menambah pengetahuan dan keterampilan bagi masyarakat
khususnya di desa pabuaran sehingga apa
yang kami lakukan bermanfaat bagi masyarakat di sekitarnya baik melakukan survey kepada warga dengan
sebaik-baiknya serta mendapatkan informasi tentang lingkungan dan masyarakat
setempat dengan sebanyak-banyaknya, sehingga kami dapat merancang program yang
tepat untuk diberikan kepada warga dalam memajukan keadaan yang lebih baik dari
sebelumnya.
Karena tujuan dan sasaran dirancang dengan sebaik-baiknya
yang sesuai dengan permasalahan warga yang sudah ada, sehingga tujuan dan
sasaran program tersebut dapat memberikan jalan keluar yang tepat kepada warga
atau permasalahan tersebut.
Maka ketika ada kegiatan pembekalan dari LPM
kita harus bersungguh-sungguh di dalam memperhatikan tahapan-tahapan sehingga
kita mendapatkan informasi sebaik-baiknya dari
LPM agar waktu yang diberikan
sebelum penerjunan dapat digunakan untuk persiapan terjun secara langsung ke
masyarakat, serta mempersiapkan diri semaksimal mungkin, baik pengetahuan, keterampilan,
mental, dapat menempatkan diri sesuai dengan kondisi dimana ia tinggal,
memiliki pengetahuan agama yang praktis, memiliki kepribadian yang terbuka dan
sopan dalam menerima kritik dan saran dari masyarakat untuk memudahkan kami
berbaur dan memahami karakter masyakat setempat, sehingga kami para peserta KKN
menaati norma norma yang ada di masyarakat baik yang tertulis maupun yang tidak
tertulis.
Komentar
Posting Komentar